Breaking News:

Sulut Tetap Ekspor Pala dan Fully, Nilainya Capai Rp 412 Miliar

Bunga pala senilai Rp 4,7 miliar itu wajib menjalani pemeriksaan Karantina Pertanian Manado sebelum diekspor ke India.

ist
Bunga Pala 

TRIBUNMANADOC.O.ID, MANADO - Kepala Karantina Pertanian Manado, Donny Muksydayan menyatakan ekspor pala dan bunga pala (fully) asal Sulut tetap berlangsung

"Ekspor komoditas ini tidak berhenti meskipun ada pandemi karena dibutuhkan dunia," kata Donny saat melakukan monitoring karantina terhadap 14,4 ton bunga pala PT Gunung Intan Permata (GIP) di Manado, Senin (29/06/2020).

Bunga pala senilai Rp 4,7 miliar itu wajib menjalani pemeriksaan oleh Karantina Pertanian Manado sebelum diekspor ke India.

"Komoditas ini diperiksa dan dilakukan fumigasi menggunakan fosfin (PH3). Tujuan utama fumigasi tersebut untuk mensucihamakan pada komoditas sehingga tidak ada serangga yang ikut dilalulintaskan," katanya

Komoditas bebas hama merupakan persyaratan dari negara tujuan, sehingga dapat diterbitkan phytosanitary certificate (PC).

Ia bilang, pengiriman fully ke India kali ini merupakan kegiatan ekspor yang kelima puluh kalinya yang dihitung berdasarkan jumlah PC yang diterbitkan oleh Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado sepanjang tahun ini.

"Ekspor komoditas pala biji atau fully sepanjang tahun 2020 menunjukkan tren positif. Terhitung dari Januari hingga Juni mengalami peningkatan 21,78 persen," katanya.

Berdasarkan data sistem perkarantinaan, IQFAST tercatat komoditas bunga pala yang berhasil diekspor hingga Juni 2020 ini mencapai 78,9 ton dengan nilai total sebesar Rp 412 miliar.

Sebagai perbandingan, nilai ekspor komoditas pala dan fully tahun lalu di periode yang sama hanya mencapai Rp 265 miliar.

Dijelaskan, Setelah sampai di negara tujuan bunga pala pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan, minuman, kosmetik hingga parfum.

Selain India dan beberapa negara di Timur Tengah, berbagai negara di benua Eropa sudah sejak lama menjadi negara tujuan ekspor komoditas unggulan asal Sulut tersebut.  (*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Charles Komaling
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved