Breaking News:

Berita Seleb

Menjual Produk Lokal Jadi Syarat Masuk Ritel Nasional di Kabupaten Salak Ini

Menurutnya, dengan hadirnya retail ini, merupakan salah satu syarat perijinan beroperasi untuk bisa menjual produk lokal.

Gino Giolano/Tribun Manado
Retail Nasional Indomaret Dan Alfamart Siap Menampung Produk Lokal Di Pasaran 
TRIBUNMANADO.CO.ID, Ratahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) bakal  mengedepankan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk menjual produk lokal yang bisa diterima di pasaran, melalui ritel nasional yang sudah beroperasi, yakni Alfamart dan Indomaret.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag Kop) Mitra, Gothileb Mamahit saat dikonfirmasi kembali hari ini Jumat (26/6/2020). 
Menurutnya, dengan hadirnya retail ini, merupakan salah satu syarat perijinan beroperasi untuk bisa menjual produk lokal.
"Tentunya kita akan mengkoordinir, produk lokal bisa diperjual belikan di retail nasional ini.
Namun produk yang akan dijual minimal yang sudah berlebel dan sudah memiliki lisensi dari kesehatan, sehingga dinas teknis juga akan memberikan rekomendasi bahwa itu layak di pasarkan," ujar Mamahit.
Lanjut dikatakannya, hal tersebut sudah sempat dibahas bersama instansi terkait lainnya, juga ada perwakilan kedua ritel modern yang saat ini sudah beroperasi.
"Sudah dibahas, dengan pihak retail. Nantinya seperti apa alur penjualan dan produk mana yang dianggap layak untuk dijual ke masayarakat karena ritel nasional ini by sistem," terangnya. 
Diketahui, pihak retail siap untuk membuka ruang dalam pembicaraan hal ini.
"Kedua ritel sudah siap menjualnya, namun sesuai prosedur, yakni yang layak dan by sistem, jadi akan disaring," pungkas Mamahit.
Adapun ditambahkannya, instansi terkait juga sudah memaparkan beberapa produk yang bakal dijual, antara lain Virgin Coconut Oil (VCO)  
"Nanti juga, kita akan melakukan turun lapangan dan wawancara langsung kepada pelaku usaha, apa mereka siap dengan persyaratan ini. Ini penting sehingga semua jelas," kuncinya. (Ano)
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved