Breaking News:

Ini Kata Pengamat Sosial Dr Meike Imbar Terkait Penerapan New Normal di Sulawesi Utara

Tanggapan Pengamat Sosial dan Dosen dari Universitas Negeri Manado (Unima) terkait penerapan new normal di Sulawesi Utara.

Istimewa
Dr Meike Imbar 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pengamat Sosial dan Dosen dari Universitas Negeri Manado (Unima), Dr Meike Imbar memberikan tanggapan terkait menjelang penerapan new normal di Sulawesi Utara.

"Kondisi kita saat ini ibarat 'maju kena, mundur kena'; hidup enggan, mati tak mau," ucapnya saat dihubungi Tribun Manado, Kamis (25/6/2020).

Kata dia, inilah kondisi krusial yang tidak pernah diprediksi sebelumnya, bahkan juga dapat dikatakan yang tidak dipersiapkan sedini mungkin ketika wabah Virus Covid-19 melanda dengan hebat di China pada Desember 2019.

Selain itu, ia mengatakan bahwa penetapan pandemi virus corona atau Covid-19 memberikan dampak di perekonomian negara.

"Penetapan pandemi Covid-19 yang diikuti dengan keluarnya Protokol Pencegahan Covid 19 yang berintikan 'Social Distancing' dan lanjut dengan 'Physical Distancing' telah memukul telak perekonomian negara-negara termasuk Indonesia," jelasnya.

Dr Imbar menyebutkan, produktivitas ekonomi di sektor pariwisata, okupasi hotel, manufaktur, usaha ritel dan lain sebagainya mengalami penurunan yang luar biasa.

Lanjut dia, hal ini ditambah lagi dengan pemberlakuan PSBB untuk beberapa kota besar di Indonesia, di mana hampir 96 persen mal ditutup yang berakibat pada dirumahkannya karyawan/ karyawati mal.

"Kondisi ini juga terasa di Sulawesi Utara. Dirumahkannya para karyawan-karyawati mal telah menimbulkan persoalan bagi kehidupan pribadi mereka," ungkapnya.

Sementara itu, ucap pengamat tersebut, suasana ketidakpastian menghadapi Wabah Pandemi Covid-19 melanda semua pihak.

"Tidak ada satupun ahli kesehatan yang dapat memprediksi kapan virus ini akan enyah dari kehidupan kita," bebernya.

Halaman
12
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Ventrico Nonutu
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved