Breaking News:

News

Masyarakat Bisa Sewa Alat Pertanian Milik Kementerian, Sewanya Sangat Murah

Ia mengatakan, ada beberapa alat pertanian tersebut yang disewakan kepada masyarakat, yaitu traktor, cultivator, dan eskavator.

alpen martinus/tribun manado
Di Kota Kotamobagu ternyata ada banyak peralatan pertanian yang masih berstatus milik Kementerian Pertanian. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Di Kota Kotamobagu ternyata ada banyak peralatan pertanian yang masih berstatus milik Kementerian Pertanian.

Padahal ada yang diadakan dua tahun lalu dan setahun lalu.

Beberapa alat pertanian tersebut berupa traktor roda empat 5 unit, roda dua satu unit, cultivator dua unit, eskavator satu unit, dan hand sprayer outomatic dua unit.

"Alat pertanian tersebut dikelola oleh Brigade Alsintan Dinas Pertanian Kotamobagu, berdasarkan petunjuk dari Kementerian Pertanian," jelas Rahmat Talibo Kabid Sarpras dan Penyuluhan Pertanian, Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Kotamobagu, Rabu (24/6/2020).

Ia mengatakan, ada beberapa alat pertanian tersebut yang disewakan kepada masyarakat, yaitu traktor, cultivator, dan eskavator.

Namun uang sewa tersebut, tidak masuk menjadi PAD Kota Kotamobagu, melainkan hanya untuk perawatan peralayan tersebut.

"Karena peralatan pertanian tersebut masih milik Kementerian Pertanian. Kecuali, kalau sudah dihibahkan kepada kita, nah iti baru kita bisa tarik PAD," jelasnya.

Ia mengatakan, untik sewa traktor roda empat Rp 500 ribu per hektare, traktor roda dua Rp 350 ribu per hektare.

"Itu di luar bahan bakar dan operator, kalau untuk traktor empat roda ada operator khusus yang kami siapkan, sementara dua roda silahkan cari operator sendiri," jelasnya.

Juga alat cultivator Rp 250 ribu per hektare, sementara eskavator Rp 1 juta per hari, ada operator khusus. Sama juga, itu di luar operator dan bahan bakar.

Halaman
12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved