Breaking News:

Sulut United

Cerita Dani Namangge dan Leo Soputan, Pemain Beda Generasi Pernah Perkuat Persibom

Dani Namangge dan Leo Soputan sebelumnya pernah membela klub yang sama, sebelum bertemu kembali di Sulut United musim ini.

facebook Sulut United
asisten pelatih Leo Soputan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dani Namangge dan Leo Soputan sebelumnya pernah membela klub yang sama, sebelum bertemu kembali di Sulut United musim ini.

Leo Soputan lebih dulu berkarir dalam dunia sepak bola. Sekarang dia menjadi mentor alias asisten pelatih Sulut United, klub yang dibela Dani Namangge saat ini.

Awal karir sepak bola Leo Soputan memperkuat klub kelahirannya Persma Manado pada tahun1993 sampai 1994. Kemudian dia dipanggil memperkuat PON Sulut 1996.

Nama Leo sudah mulai dikenal, karena mereka berhasil membawa pulang medali Perunggu kala itu bersama Alen Mandey.
Waktu itu, Leo langsung berangkat ke Jawa, dia tidak mengikuti rekan setimnya di PON yang memilih bermain untuk Persma Manado.

Hampir 11 tahun di pulau Jawa, Leo kembali ke Sulawesi Utara, tepatnya 2008, dia memilih bergabung bersama klub asa Bolaang Mongondow yakni Persibom

Namun, hanya bermain satu musim di Persibom, kembali ke Persita Tanggerang. Kini Leo datang lagi ke Sulawesi Utara, bukan lagi pemain tapi asisten pelatih Sulut United.

"Ini kesempatan buat saya melatih dan membina pemain, agar supaya bisa mengangkat nama sulut di kanca sepak bola nasional," ujar Leo Soputan, Rabu (24/6/2020).

Kata dia, Sulawesi Utara merupakan tanah kelahiran, pasti semua pemain sepak bola merasa terpanggil untuk membangkitkan olahraga daerahnya sendiri.

Apa lagi pertama memulai karir sepak bola dari klub lokal Persma Manado. Klub yang dicintai warga Sulawesi Utara. Kemudian menjadi bagian dalam tim PON Sulawesi Utara 1996.

"Niat saya hanya satu memajukan sepak bola Sulut lewat Sulut United," ujar dia lagi.
Lanjut dia, ada beberapa pemain Sulut United yang pernah satu klub, sewaktu masih menjadi pemain yakni Dani Namangge.

Dani Namangge mengatakan, klub Persibom banyak menyimpang sejarah penting dalam karir sepak bola
"Selama saya berkarir di sepak bola Persibom klub yang paling lama dibela," ujar Dani Namangge.

Walaupun dia menimpa ilmu sejak umur 9 tahun di SSB Boca Junior Nabati Bitung. Namun nama Dani dikenal masyarakat luas saat membela Persibom Bolaang Mongondow.

klub ini terbilang cikal bakal bagi Dani Namange menjadi pemain profesional.
Pada 2005 Dani Namangge secara resmi bergabung bersama Persmin Minahasa. Waktu itu bermain di kompetisi divisi utama Indonesia.

Hanya satu musim bermain, dia pindah ke klub di Gorontalo yakni Persidago.
Tak lama di Persidago, tim berjulukan 'Laskar Fajar Bulawan' atau Persibom mengontraknya selama tiga musim. Sejak 2006 hingga 2008.

Selama bermain di Persibom, Dani Namangge pun terpikat dengan seorang perempuan. Hingga sekarang menjadi istrinya.
Persibom punya kenangan bersejarah baik hidup maupun karir sepak bola. 
"Saya mendapat pasangan hidup orang Bolaang Monggondow," ujar dia.

Editor: Vendi Lera
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved