NEWS

Arab Saudi Larang Kedatangan Jemaah Luar Negeri untuk Menghadiri Haji, Ini Alasannya

hanya sejumlah kecil warga Arab Saudi yang bisa melakukan ibadah haji dengan menegakkan protokol kesehatan

AFP PHOTO/KARIM SAHIB
Pemandangan dari udara menunjukkan jemaah haji tengah mengelilingi Kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Demi mencegah virus corona, Arab Saudi akan melarang kedatangan jemaah dari luar negeri.

Dengan demikian, hanya sejumlah kecil warga Arab Saudi yang bisa melakukan ibadah haji dengan menegakkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak sosial.

Melansir Reuters, dengan dirilisnya pengumuman tersebut, berarti tahun ini akan menjadi tahun pertama di zaman modern di mana umat Islam dari seluruh dunia tidak diizinkan untuk melakukan ibadah haji tahunan ke Mekah.

"Keputusan ini diambil untuk memastikan haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan masyarakat sambil mengamati semua tindakan pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko yang terkait dengan pandemi ini dan sesuai dengan ajaran Islam di melestarikan kehidupan manusia," demikian pernyataan kementerian yang mengawasi jemaah dalam sebuah pernyataan seperti yang dikutip Reuters.

Asal tahu saja, saat ini, jumlah kasus virus corona di Arab Saudi telah melebihi 160.000 kasus, dengan 1.307 kematian.

Kondisi ini menyusul peningkatan infeksi baru selama dua minggu terakhir.

Sekitar 2,5 juta jemaah biasanya mengunjungi situs-situs Islam paling suci di Mekah dan Madinah selama haji selama seminggu.

Data resmi menunjukkan, Arab Saudi menghasilkan sekitar US$ 12 miliar setahun dari penyelenggaraan ibadah haji dan umrah sepanjang tahun.

Kerajaan Arab Saudi menghentikan penerbangan penumpang internasional pada bulan Maret dan meminta kaum Muslim di seluruh dunia untuk menunda rencana ibadah haji sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Kedatangan internasional untuk ziarah umrah juga telah ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Halaman
123
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved