Breaking News:

KBM Kembali Normal, Sekolah Wajib Siapkan Protokol Kesehatan

Ditekankan pihak Disdik, agar sistem perekrutan, bila ada yang tak bisa menjangkau secara online bisa lewat sekolah langsung.

antara
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN -   Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah masa Pandemi Covid-19, harus ditiadakan untuk sementara waktu.

Seperti halnya di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang mengharuskan semua siswa belajar dari rumah selama kurun waktu yang belum bisa ditentukan.

Begitupun dengan masa perekrutan siswa baru yang saat ini sementara dilakukan setiap sekolah yang ada disejumlah wilayah.

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Mitra Ascke Benu, Senin (22/6/2020), sistem penerimaan saja pihaknya mengimbau setiap sekolah sediakan dua pilihan.

"Maksudnya, dalam hal ini. Setiap sekolah yang ada di Mitra, harus membuka sistem penerimaan lewat jalur online dan manual," terang Benu.

Ditekankan pihak Disdik, agar sistem perekrutan, bila ada yang tak bisa menjangkau secara online bisa lewat sekolah langsung.

"Sebagaian orangtua murid, bila ada yang tak bisa melakukan sistem online diperbolehkan untuk mendaftar secara manual disekolah yang ada," tutur Kadis Disdik.

Dia mengatakan, pihak sekolah diharuskan mempersiapkan protokol kesehatan selama kunjungan orang tua murid pada masa Pandemi ini.

"Semua sekolah telah kita imbau. Agar ketersediaan tempat cuci tangan, dan pengaturan jarak disekolah harus diterapkan terlebih dahulu selama waktu penerimaan," pungkas Benu.

Sistem belajar normal, kemungkinan bakal diberlakukan pada suatu daerah bila status wilayah berada pada zona hijau masa Pendemi Covid-19.

"Itu pun tak luput dari, pembahasan dan evaluasi dari pemeirntah daerah (Pemda) dalam hal ini Bupati. Sesuai dengan edaran, bila suatu daerah berada di zona hijau, KBM bisa dipertimbangkan kembali untuk tatanan new normal," jelas Benu.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada edaran pasti dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat, kapan giat bersekolah normal diperbolehkan dengan penerapan protokol Covid-19.

"Hingga saat ini belum ada informasi seperti itu. Kita menunggu saja," kunci Benu.

Penulis: Giolano Setiay
Editor:
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved