Breaking News:

Berita Mitra

Harga Cabe Rawit Masih Tinggi, Alit: Nanti Ada Tim yang Akan Rutin Turun Mengecek

Pemantauan oleh Dinas Ketahanan Pangan: komoditi satu ini mengalami kenaikan harga karena berkurangnya pemasokan.

ISTIMEWA
DKP Mitra Gelar Kunjungan Ke Sejumlah Pasar Tradisional Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Berbagai macam komoditi yang diperjual belikan sebagai kebutuhan keseharian masayrakat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) disejumlah pusat perdagangan yang ada, harga komoditi cabe rawit masih tinggi.

Dari hasil pemantauan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP), yang turun langsung melihat aktifitas jual beli dipasar yang ada, memang komoditi satu ini mengalami kenaikan harga karena berkurangnya pemasokan.

Kepala Dinas (Kadis) DKP Mitra Made Alit saat dikonfirmasi hari ini Senin (22/6/2020), membenarkan hari tersebut.

"Memang untuk keseluruhan komoditi, untuk Cabe Rawit masih tinggi pada angka Rp. 40.000 per kilonya. Itu pun dari hasil survei ditiga pasar berbeda yakni Pasar Ratahan, Pasar Tombatu dan Pasar Belang," ujar Alit.

Walangitan: Silakan Lapor Disdik Jika Ada Siswa Belum Terima Dana KIP

Adapun harga komoditi lainnya dalam 9 Bahan Pokok yakni Beras Rp, 11.000, Bawang Merah Rp 60.000 per kilo, Rp 5000, minyak goreng Rp 13.000, Kacang tanah Rp 35.000, kacang merah Rp 25.000, gula pasir Rp 16.000, tepung terigu Rp. 10.000.

"Naik turunnya harga pasaran dikarenakan, bila pasokan mulai menipis dari komoditi tersebut, harga yang ada bakal naik. Dan bila pasokan mulai stabil, harga dipasaran ikut normal lagi," jelas Alit.

Ia menambahkan, agar para pedagang tidak sembarangan menaikkan harga pasaran dari komoditi yang ada ditengah masa Pandemi Covid-19.

"Diharapakan seperti itu, nantinya ada tim yang akan rutin turun mengecek langsung disetipa lapak para pedagang yang ada dipasar tradisional," kunci Alit. (Ano)

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved