Breaking News:

Mitra

Disdukcapil Mitra Nikahkan 119 Pasangan di Tengah Pandemi Covid-19

Pernikahan yang disahkan tersebut memang dilaksanakan saat pandemi ini. Data pasangan yang menikah dari Januari hingga 18 Juni berjumlah 119 pasangan.

Ilias Z/pixoto
Ilustrasi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Di tengah masa Pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lakukan pencatatan pernikahan kepada sebanyak 119 pasangan nikah.

Data tersebut diambil dalam empat bulan terakhir, saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas (Kadis) Elly Sangian, Jumat (19/6/2020).

"Pernikahan yang disahkan tersebut memang dilaksanakan saat pandemi ini. Untuk data pasangan yang menikah dari Januari hingga 18 Juni sudah tercatat sebanyak 119 pasang," ujar Sangian.

Diketahui, selama masa pandemi Covid-19, kantor Disdukcapil Mitra tetap melayani masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Salah satu layanan yang dilakukan yakni seperti melakukan pencatatan pernikahan. Proses pencatatan sipil pernikahan selama Covid-19 tetap mewajibkan pasangan turut membawa dua orang saksi seperti prosedur biasanya.

"Pencatatan pernikahan dimasa Pandemi ini, tetap sama aturan yang berlaku, tak ada yang membedakan," ujar dia

Hanya saja, untuk prosedur kesehatan tetap dilakukan secara ketat ditengah pandemi Covid-19, saat para pasangan nikah melangsungkan pencatatan pernikahan.

"Semua aktifitas dan pelayanan kita prioritaskan untuk protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang ada. Seperti akses masuk kantor capil, mereka diharuskan menggunakan masker, lalu cek suhu tubuh, setelah itu kita minta cuci tangan, baru kita mulai pencatatannya," ujar dia lagi. 

Penulis: Giolano Setiay
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved