Breaking News:

Kawasan Wisata di Mitra Siap Dibuka, Taogan: Tunggu Petunjuk Bupati

Pemerintah terus berupaya, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah untuk melakukan pencegahan terkait wabah ini.

VALDY SUAK
Suasana Pantai Lakban tampak sepi, pengunjung mulai berdatangan ke wisata Pantai Lumintang 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Di tengah Pandemi Covid-19 yang terus merebak. Sejumlah sektor pariwisata ditutup sementara demi keamanan setiap wilayah yang ada di Sulawesi Utara (Sulut).

Seperti halnya di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). 14 lokasi wisata ditutup selang 2 bulan terakhir semenjak wabah Covid-19 terus naik.

Pemerintah terus berupaya, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah untuk melakukan pencegahan terkait wabah ini.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sartje Taogan mengatakan, Kamis (11/6/2020), dengan tatanan new normal, dipastikan untuk operasional tempat wisata bakal dibuka kembali.

"Kita tunggu persetujuan dari Bupati James Sumendap SH dalam hal ini. Bila sudah ada petunjuk untuk lokasi wisata dibuka kembali bakal dibuka," ujar Taogan.

Sementara ini pihak Disparbud telah mempersiapkan SOP yang bakal diberikan kepada setiap pengolah tempat wisata yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara.

"SOP kepada setiap pengola tempat wisata sudah selesai dibuat. Nantinya akan kita berikan kepada para pengolah tempat wisata agar, bila nantinya dibuka harus memprioritaskan seperti petunjuk dari aturan yang ada," terang Kadis Disparbud.

Pemerintah lebih menekankan terhadap protokol Covid-19 yang saat ini diberlakukan disetiap pusat perbelanjaan, perkantoran hingga wilayah sekolah.

"Kita akan terapkan seperti itu, bila lokasi wisata akan dibuka. Nantinya juga, akan dibatasi jumlah kunjungan disatu lokasi wisata. Sehingga bila dibuka tak meresahkan pengunjung dengan Social Distancing," jelas Taogan.

Penulis: Giolano Setiay
Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved