Breaking News:

News

IDAI Ungkapkan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Kembali Kegiatan Belajar di Sekolah

Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) mengungkapkan, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum membuka kembali kegiatan belajar di sekolah.

Editor: Glendi Manengal
IST
di Sekolah 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Terkait pembukaan kembali fasilitas publik, khususnya sekolah.

Diketahui langkah tersebut menjadi sorotan, karena masih ada yang harus diperhatikan sebelum membuka kegiatan belajar di sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI.

Najwa Shihab Sebut Jakarta New Normal, Anies Baswedan Secara Tegas: Belum Boleh, Masih Berisiko

Militer China dan India Mulai Menarik Pasukan dari Perbatasan, Setelah Ketegangan Berangsur Mereda

Lagi Seru Main Judi, Timsus Maleo Tiba-tiba Datang 

Ilustrasi para siswa kembali melaksanakan kegiatan belajar di sekolah.
Ilustrasi para siswa kembali melaksanakan kegiatan belajar di sekolah. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI) mengungkapkan, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan sebelum membuka kembali kegiatan belajar di sekolah.

Ketua Umum PP IDAI Aman Bhakti Pulungan mengatakan, secara teknis, salah satu hal yang mesti dipertimbangkan yakni aturan dan sosialisasi untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

"Kalau kita liat pertimbangan teknis membuka sekolah bagaimana, aturannya itu harus kita liat, sosialisasinya bagaimana fasyankesnya siap enggak," kata Aman dalam acara rapat koordinasi nasional Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) secara daring, Kamis (11/6/2020).

Dalam paparannya, Aman menyebut, sekolah harus menyiapkan aturan yang telah disosialisasikan yaitu menghindari kontak dekat, tempat ramai, dan berbicara dalam jarak dekat.

"Sosialisasinya ini harus efektif bagaimana sebetulnya, terus lakukan juga pembiasaan satu bulan lebih awal kalau boleh," ujar Aman.

Di samping itu, Aman mengingatkan pemerintah pusat melalui BNPB dan Kementerian Kesehatan untuk membuat petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang tegas.

"Jangan nanti dilempar ke daerah, daerahnya juga bingung, terus daerahnya juga enggak tahu kapan harus dibuka sekolah, jadi harus ada yang tegas dan jelas," kata Aman.

Ia mengatakan, kebijakan yang dibuat juga harus menyertakan unsur akademisi yang ahli di bidangnya, dalam hal ini dokter anak.

Ilustrasi
Ilustrasi (NET)

IDAI pun menilai, kegiatan belajar mengajar baru dapat kembali dilakukan di sekolah ketika jumlah kasus Covid-19 menurun.

"Pembukaan kembali sekolah-sekolah dapat dipertimbangkan bila Covid-19 telah menurun dan kita lihat di TV belum menurun kan," kata Aman.

Najwa Shihab Sebut Jakarta New Normal, Anies Baswedan Secara Tegas: Belum Boleh, Masih Berisiko

Militer China dan India Mulai Menarik Pasukan dari Perbatasan, Setelah Ketegangan Berangsur Mereda

Kontak dengan Pasien Positif Covid-19, Sejumlah Warga Ini Tolak Rapid Tes Bahkan Tak Isolasi Mandiri

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut IDAI, Ini yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Kembali Sekolah"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved