Breaking News:

News

Pergantian Antar Waktu Komisioner KPU Mitra Sedang Berproses di KPU RI 

Adapun dalam mengikuti draft PKPU perubahan atas PKPU tahapan maka dipastikan tahapan Pilkada harusnya digelar pada (15/6/2020).

TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
KPU Mitra bersama Bawaslu Mitra foto bersama usai menyampaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara di rapat pleno Rakapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Provinsi Sulut pemilu 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 dipastikan bakal dilaksanakan pada (9/12/2020) mendatang.

Hal tersebut diikuti dengan kesepakatan dalam rapat kerja antara pemerintah, DPR, dan penyelenggara Pemilu (Pemilihan Umum) belum lama ini.

Pertemuan tersebut, membawa hasil untuk mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang waktu pelaksanaan Pilkada.

Adapun dalam mengikuti draft PKPU perubahan atas PKPU tahapan maka dipastikan tahapan Pilkada harusnya digelar pada (15/6/2020).

Untuk Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang tidak menggelar Pilkada.

Dalam waktu dekat dipastikan bakal memanfaatkan kondisi yang ideal bagi pihak KPU untuk dimulainya tahapan yang belum dilakukan yakni proses Pergantian Antar Waktu (PAW), atas meninggalnya almarhum (alam) Komisioner Irfan Rabuka.

Terkait hal tersebut, Ketua Divisi SDM, Partisipasi Masyarakat, dan Sosialisasi KPU Sulawesi Utara (Sulut), Salman Saelangi mengatakan, untuk PAW komisioner KPU Mitra saat ini sementara berproses.

"Tahapan untuk PAW Komisioner KPU Mitra sementara berproses di KPU RI. Surat keterangan dan akte kematian sudah dilampirkan. Jadi untuk percepatan proses PAW ini, kita tinggal menunggu keputusan KPU RI, karena ini ruang regulasi mereka," terang Salman Saelangi saat dikonfirmasi kemarin Senin (8/6/2020).

Terkait siapa yang akan langsung ditunjuk atau harus ada klasifikasi untuk PAW, menurutnya belum diketahui pasti, dan pihaknya harus menunggu petunjuk pimpinan KPU RI.

"Memang untuk menghadel posisi (alm) saat ini, dilaksanakan oleh wakil ketua divisi. Sementara untuk calon PAW, sesuai dengan regulasi yang ada. Jadi akan diklarifikasi nomor urut nantinya," beber Saelangi.

Halaman
12
Penulis: Giolano Setiay
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved