Update Virus Corona Tondano

Pemkab Minahasa Telah Salurkan Bantuan Sosial Tunai kepada 17.484 Kepala Keluarga

Progresnya sampai saat ini sudah tersalurkan semua untuk 17.484 keluarga yang tersebar di 270 desa dan kelurahan di Kabupaten Minahasa

Istimewa
Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Terkait progres kebijakan dan perkembangan data Covid-19 di Kabupaten Minahasa, Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr Denny Mangala MSi mengatakan, ada beberapa langkah yang telah diambil pemerintah saat ini.

Salah satunya adalah jaring pengaman sosial. Dimana saat ini pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat sesuai dengan kriteria yang ada.

Pertama, penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial.

"Progresnya sampai saat ini sudah tersalurkan semua untuk 17.484 keluarga yang tersebar di 270 desa dan kelurahan di Kabupaten Minahasa," kata Mangala, Jumat (5/6/2020).

Kedua, lanjut dia, penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (Dandes).

Progresnya sampai saat ini yang sudah disalurkan pada tahap pertama, itu kurang lebih 85 persen.

Sedangkan untuk tahap kedua, kata Mangala, sementara bergulir.

"Untuk hari ini sudah ada enam desa yang menyalurkan BLT tahap kedua. Sedangkan yang lain akan mengikuti petunjuk dan pedoman yang diberikan kepada setiap desa," bebernya.

Mangala mengakui, dalam penyaluran BST maupun BLT ada beberapa keluhan dari masyarakat terkait penetapan keluarga penerima.

Dia menjelaskan bahwa penetapan penerima baik BST maupun BLT, sesuai ketentuan harus melalui Musyawarah tingkat desa dan kelurahan. Didalamnya ada tim independen, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM dan karang taruna.

Halaman
12
Penulis: Andreas Ruauw
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved