Update Virus Corona Bolmut

20 Nakes Puskesmas Buko Jalani Isolasi Mandiri, 5 Orang Reaktif, Pelayanan Dialihkan

Pasalnya, dari hasil rapid tes tercatat ada lima tenaga kesehatan dipuskemas tersebut didapati reaktif rapid tes, Sabtu (6/6/2020).

Mejer Lumantow/Tribun Manado
Puskesmas Buko, kabupaten Bolmut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO - Sekitar 20 tenaga kesehatan di Puskesmas Buko, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), harus melakukan prosedur isolasi mandiri.

Pasalnya, dari hasil rapid tes tercatat ada lima tenaga kesehatan dipuskemas tersebut didapati reaktif rapid tes, Sabtu (6/6/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan C Mokoginta MARS mengatakan para tenaga kesehatan tersebut akan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari kedepan.

"Semua Nakes di isolasi selama 14 hari kedepan secara ketat. Jangan dulu kemana-mana," kata Mokoginta kepada Tribun Manado.

Lanjutnya, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19, tujuannya supaya Nakes yang bertugas di fasilitas kesehatan tersebut bisa aman, karena tenaga kesehatan merupakan orang pertama yang harus dilindungi.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Buko Zulkifli Masuara mengatakan untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Buko ditutup sementara dan pelayanan kesehatan saat ini dialihkan ke Puskesmas Tuntung.

"Jadi hingga tanggal 18 Juni 2020 Puskesmas Buko ditutup atau belum melakukan pelayanan persalinan, poli, UGD, dan rawat inap dikarenakan sebagian petugas medis harus melaksanakan isolasi mandiri dirumah masing-masing," jelas Zulkifli kepada Tribun Manado.

Dikatakannya, hal ini juga sudah disampaikan kepada Sangadi setempat untuk menginformasikan kepada masyarakat.

"Untuk pelayanan kesehatan sementara semuanya dialihkan ke Puskesmas Tuntung," kata Zulkifli.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya sementara menunggu proses selanjutnya dari Dinkes apakah akan dilakukan pengambilan Swab lanjutan.

"Masih akan dikoordinasikan kedepan berapa Nakes yang akan di ambil Swab, tinggal menunggu petunjuk selanjutnya," tutup Zulkifli. (Mjr).

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

 Wali Kota Kotamobagu Dapat Ucapan Terima Kasih dari Menteri DPDPTT

 Remaja Ini Lakukan Perbuatan Melawan Hukum, Sakit Hati Seorang Perempuan Tolak Berhubungan Badan

Penulis: Majer Lumantow
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved