Gubernur Cek Kesiapan RS Covid: Corona di Sulut Jadi 377 Kasus

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey memastikan kesiapan rumah sakit (RS) menyusul membludaknya pasien yang positif

Istimewa
Gubernur Olly Tinjau RS Awaloei 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey memastikan kesiapan rumah sakit (RS) menyusul membludaknya pasien yang positif terpapar Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Hingga Rabu (3/6/2020), Sulut ketambahan 23 pasien positif menjadi 377 kasus.

Facebook Hingga Tencent Tanam Investasi di Gojek

Olly meninjau RS Dr JH Awaloei di Tateli, Kecamatan Mandolang, Kabupaten Minahasa. RS swasta ini akan beroperasi pada pekan depan dan melayani pasien Covid-19. RS menyiapkan sebanyak 50 tempat tidur untuk pasien Covid-19 dari total 180 tempat tidur.

Gubernur mengapresiasi pemilik RS Dr JH Awaloei yang juga warga Sulut dan telah berinvestasi dengan membangun fasilitas kesehatan modern. "Saya kira pertama-tama Pemerintah Provinsi Sulut bersyukur karena ada putra daerah yang mau berinvestasi untuk membangun sarana prasarana di Provinsi Sulut. Kita tahu Sulut ini menjadi daerah kunjungan wisata, daerah kunjungan wilayah timur juga di sini menjadi rumah sakit rujukan," kata Olly.

Gubernur menilai fasilitas RS swasta ini sangat baik. "Tentunya kami sangat harapkan pengelolaan manajemennya juga sesuai dengan bangunannya bagus sehingga manfaat bagi masyarakat Sulut," kata mantan Anggota DPR RI ini.

Olly juga mengapresiasi dukungan pihak RS Dr JH Awaloei yang berkomitmen melayani program BPJS dan membantu penanganan Covid-19 di Sulut. "Tadi juga disiapin untuk pasien kelas tiga artinya melayani juga buat BPJS yang dibantu pemerintah dan tentunya juga ada disiapin juga khusus untuk pasien Covid-19. Ini juga sangat membantu bagi kita dalam rangka situasi kondisi saat ini," ungkap Olly.

Kota di AS  Tetapkan Darurat Sipil: WNI Terpantau Aman dari Unjuk Rasa 

Klaster baru
Penyebaran wabah Covid-19 di Sulut, kian meluas. Rabu kemarin, Bumi Nyiur Melambai, ketambahan dua kluster baru, yakni Faskes Tomohon dan Faskes C Manado.

Juru Bicara Gugus Tugas Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan, dengan adanya lebih dari satu orang yang terkonfirmasi positif di satu lokasi maka, tempat tersebut otomatis akan menjadi kluster penyebaran baru wabah Covid-19.

"Hari ini ada dua lokasi yang akan menjadi kluster baru, yakni kluster Faskes Tomohon, dimana ada tiga tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni kasus 367, 376 dan 377," ucap dia.

Lanjutnya, untuk satunya adalah kluster Faskes C di Manado. Ada dua tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif, yakni kasus 362 dan 366. "Adanya kluster baru ini, maka tim gugus tugas akan segera turun untuk melakukan tracking baik kepada orang yang kontak erat, maupun yang beraktivitas di ruangan yang sama dengan tenaga medis yang terpapar Covid-19, sebagai langah cepat dalam mendeteksi penyebaran wabah Covid-19," tandasnya.

Sekedar informasi dari 377 kasus terkonfirmasi positif di Sulut, total ada 53 tenaga kesehatan yang dinyatakan terpapar Covid-19.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved