News

Presiden Jokowi Minta Konsep Berbagi Beban Ekonomi di Tengah Wabah Covid-19

Dengan berbagi beban diharapkan perusahan dapat tetap beroperasi di tengah Pandemi sehingga tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo berjalan saat meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal (normal baru) di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5/2020). Dalam tinjauan kali ini, Jokowi menyampaikan pengerahan TNI/Polri secara masif di titik-titik keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengguncang dunia termasuk Indonesia.  

Perekonimian bangsa ikut merasakan dampak Covid-19.  

Banyak perusahaan harus tutup, puluhan ribu pekerja harus kena pemutusan hubungan kerja dan dirumahkan karena Corona.

Pemerintah terus berupaya dengan berbagai langkah guna mengatasi masalah Virus Corona ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penerapan konsep berbagi beban ekonomi yang terdampak akibat Pandemi Covid-19 antara pemerintah, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Perbankan, dan Pelaku Usaha.

Sehingga dampak turunnya pertumbuhan ekonomi tidak terlalu terasa. 

"Saya minta konsep berbagi beban, sekali lagi konsep berbagi beban, sharing the pain, harus  menjadi acuan bersama, antara pemerintah, BI, OJK, perbankan dan pelaku usaha, untuk bersama-sama bersedia memikul beban, bergotong royong, bersedia bersama-sama menanggung risiko secara proposional, dan dengan prinsip kehati-hatiannya," kata Presiden dalam rapat terbatas Program Pemulihan ekonomi nasional, Rabu, (3/6/2020). 

Dengan berbagi beban diharapkan perusahan dapat tetap beroperasi di tengah Pandemi sehingga tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

Selain itu sektor keuangan tetap stabil.  

 "Dan pergerakan roda ekonomi mampu kita jaga," katanya.

Halaman
12
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved