News

Minimalisir Pencurian Listrik, PLN UP3 Luwuk Maksimalkan Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik

Manajer PLN UP3 Luwuk, Agus Tasya mengatakan, P2TL dilakukan untuk menertibkan pemakaian tenaga listrik di Wilayah PLN UIW Suluttenggo.

Istimewa
PLN UP3 Luwuk menggelar apel P2TL untuk menertibkan pemakaian tenaga listrik agar tak menimbulkan kerugian bagi pelanggan maupun PLN. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Luwuk melaksanakan Gelar Pasukan 
Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), Selasa (02/06/2020). Gelar pasukan ini mengawali rangkaian operasi P2TL yang akan dilakukan selama Bulan Juni.

Dalam apel yang berlangsung di kantor PLN UP3 Luwuk, dilakukan pemeriksaan seluruh alat ukur untuk menghitung deviasi error/tingkat akurasi kWh meter dan peralatan pendukung lainnya seperti tools kit, perlengkapan K2K3.

Manajer PLN UP3 Luwuk, Agus Tasya mengatakan, P2TL dilakukan untuk menertibkan pemakaian tenaga listrik di Wilayah PLN UIW Suluttenggo, khususnya UP3 Luwuk.

Pasukan P2TL nantinya melakukan pemeriksaan terhadap Jaringan Tenaga Listrik (JTL), Sambungan Tenaga Listrik (STL), Alat Pembatas dan Pengukur (APP)

Lalu, melakukan pemeriksaan atas pemakaian tenaga listrik dan mencatat kejadian-kejadian yang ditemukan pada waktu dilakukan P2TL menurut jenis kejadiannya.

Katanya, P2TL dilakukan rutin oleh PLN Suluttenggo mengingat bahaya dan dampak buruk yang disebabkan oleh penyalahgunaan listrik.

Agus Tasya mengatakan, pelanggaran penyaluran aliran listrik masih sering terjadi. Dimana masih terjadi losses (energi yang hilang) baik secara teknis karena peralatan atau losses non teknis akibat pemakaian listrik secara ilegal oleh pelanggan yang tidak bertanggungjawab.

"Regu pelaksana P2TL, bertugas melakukan pengecekan alat ukur kWh meter pada pelanggan untuk memastikan alat tersebut bekerja dengan baik. Sehingga tidak ada kerugian baik untuk pelanggan maupun PLN," ucapnya.

Katanya, pelanggan bisa segera menghubungi PLN jika mengalami kendala kelistrikan atau lebih tepat melalui aplikasi New PLN Mobile.

Dengan PLN Mobile pelanggan dapat mengetahui posisi petugas dalam penanganan gangguan yang dilaporkan dan pelanggan pun dapat
menghubungi PLN dengan dengan pilihan chat PLN123, telepon menggunakan VoIP (Tanpa menggunakan Pulsa Telepon, melainkan Paket Data), atau telp Call Center 123 dengan kode area kota masing-masing.

Kedepan New PLN Mobile dapat juga digunakan untuk transaksi pembayaran. Pelanggan dapat mendownload PLN Mobile di Playstore dan Appstore.(ndo)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved