News

Idul Fitri 1441 Hijriah, Konsumsi BBM di Sulut Turun 29 Persen

"Orang yang lebih banyak di rumah, pusat belanja tutup sehingga mobilitas kendaraan juga berkurang," kata Hatim, Selasa (02/05/2020).

fernando lumowa/tribun manado
Pengisian BBM di SPBU Sario Manado beberapa waktu lalu. Di libur Idul Fitri 1441 Hijriah, konsumsi BBM jenis gasoline turun 29 persen dibanding hari normal. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sulut di masa libur Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini berbeda dibandingi tahun-tahun sebelumnya.

Berdasar catatan Tim Satuan Tugas Ramadan, Idul Fitri dan Covid-19 (Satgas Rafico) Pertamina Marketing Operation (MOR) VII Sulawesi, pada libur Lebaran tahun ini, konsumsi rata-rata BBM jenis gasoline yakni Premium, Pertamax, Pertamax dan Pertamax Turbo turun 29 persen dibanding konsumsi rata-rata harian.

Untuk konsumsi gasoline turun dari 1.077 Kiloliter (KL) per hari menjadi 763 KL per hari.

Begitu pula, untuk konsumsi gasoil yang meliputi Solar, Pertamina Dex dan Dexlite turun 26 persen dari 291 KL/hari menjadi 215 KL per hari.

Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa kondisi ini tak lepas dari dampak pandemi Covid-19 yang terjadi.

"Orang yang lebih banyak di rumah, pusat belanja tutup sehingga mobilitas kendaraan juga berkurang," kata Hatim, Selasa (02/05/2020).

Begitu pula, adanya larangan mudik membuat masyarakat tak bisa bepergian dan saling bersilaturahmi.

"Pandemi Covid-19 ini membuat aktivitas masyarakat di luar rumah menjadi terbatas. Aktivitas mudik pun menjadi berkurang sehingga konsumsi BBM pun ikut menurun," ujar dia.(ndo)

BERITA TERPOPULER :

 Masih Ingat Awan? Petugas PPSU yang Nikah dengan Bule Cantik Asal Turki, Kini dapat Tawaran Syuting

 Berikut Tahapan dan Biaya Untuk Tes Swab Secara Mandiri, Pertama Pasien Diminta Duduk di Tempat Ini

 Peti Mati yang Hanyut di Sungai Ternyata Kosong, Warga Sempat Ketakutan hingga Hubungi Petugas

TONTON JUGA :

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved