Breaking News:

Hari Lahir Pancasila

Gubernur Olly Dondokambey Beber Peran Bung Karno Lahirkan Pancasila

Olly juga menyampaikan, Pancasila harus diyakini kebenarannya, dipelajari, dimengerti, dan dipahami serta dipraktekkan dalam kehidupan.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Maickel_Karundeng
Istimewa
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno atau Bung Karno pernah menyatakan bukan pencipta Pancasila.

Bung Karno hanya menggali Pancasila berdasarkan dari tradisi luhur bangsa dan rakyat Indonesia.

Demikian dibeberkan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat tampil menjadi pembicara utama pada kegiatan webinar Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju, Senin (1/6/2020).

"Jadi ini Bung Karno hanya menggali dan menyatukan bukan menciptakan, kita harus pahami betul itu tugas kita para generasi muda para pemimpin para tokoh agama , tokoh masyarakat mari kita lestarikan Pancasila agar NKRI tetap jaya sampai dengan hari-hari ke depan. Merdeka!,” serunya.

Olly juga menyampaikan, Pancasila harus diyakini kebenarannya, dipelajari, dimengerti, dan dipahami serta dipraktekkan dalam kehidupan.

Bangsa tetap kokoh menjadi living ideology oleh kalangan masyarakat

"Tidak dapat dipungkiri dalam beberapa dekade terakhir ini, Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa Indonesia sempat mengalami keterpurukan yang ditandai dengan munculnya perilaku masyarakat yang mulai melupakan Pancasila," sebutnya

Olly meminta masyarakat untuk memahami pentingnya sejarah lahirnya Pancasila.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, agar kelestarian Pancasila dapat terus dijaga, dikawal dan diamalkan dalam praktis kehidupan kemasyarakatan,” ucap Olly.

Selain Pancasila, Olly juga mengajak masyarakat untuk memahami dan mengamalkan empat pilar kebangsaan lainnya yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD RI 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved