Virus Corona

Begini Jawaban Sri Mulyani Terkait Anggapan Pemerintah Lebih Pentingkan Ekonomi Dibanding Kesehatan

Sri Mulyani membantah anggapan bahwa pemerintah mendahulukan ekonomi dengan melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz
Menteri Keuangan Sri Mulyani 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jawaban terkait anggapan Pemerintah lebih mendahulukan ekonomi dibanding kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Dijawab Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia pun menegaskan, bagi pemerintah, ekonomi dan kesehatan sama-sama penting.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan jawaban terkait anggapan Pemerintah lebih mendahulukan ekonomi dibanding kesehatan dalam penanganan Covid-19.

Ia membantah anggapan bahwa pemerintah mendahulukan ekonomi dengan melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta,  Selasa (12/6/2020),
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/6/2020), (Tribunnews.com/ Seno Tri Sulistiyono)

Menurut Sri Mulyani, sejak Maret 2020, pemerintah telah memprioritaskan kesehatan dengan merealokasikan anggaran untuk sarana dan fasilitas kesehatan bagi tenaga medis serta masyarakat langsung.

Langkah-langkah pencegahan secara masif dilakukan dari tingkat pusat sampai level terkecil di desa-desa.

Prioritas di bidang kesehatan, lanjut Sri Mulyani, juga dilakukan dengan penambahan jumlah laboratorium hingga mencapai lebih dari 100 laboratorium untuk rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Adapun soal pelonggaran PSBB, Sri Mulyani juga memberikan penjelasan. 

Menurut Sri Mulyani, pelonggaran PSBB sudah sesuai dengan ketentuan dari WHO. 

"Pemerintah bukan tanpa dasar dalam melakukan pelonggaran PSBB. Pemerintah mengikuti standar WHO, yaitu jika angka Rt (Reproduksi Efektif) di bawah 1 selama 14 hari, maka dapat dilakukan pelonggaran PSBB.

Halaman
123
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved