Pilkada Serentak

Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan Pilkada di Masa Covid 19, Ada Pengawasan Online

Badan Pengawas Pemilu pun ikut mempersiapkan diri, apalagi tahapan Pilkada ini dikhawatirkan akan di laksanakan di tengah Pandemi Virus Corona.

Istimewa
Herwyn Malonda, Ketua Bawaslu Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemungutan Pilkada serentak 2020 akan dihelat 9 Desember 2020. Dampaknya, Tahapan Pilkada akan dimulai lagi dalam waktu dekat.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun ikut mempersiapkan diri, apalagi tahapan Pilkada ini dikhawatirkan akan di laksanakan di tengah Pandemi Virus Corona.

Herwyn Malonda, Ketua Bawaslu Sulut mengungkapkan, untuk memulai tahapan Bawaslu l sedang menananti PKPU 15 tahun 2019 dari KPU RI tentang Program, tahapan, dan jadwal Pilkada.

Selain revisi PKPU yang mengatur ketentuan teknis penyelenggaraan tahapan Pilkada.

Kemudian, Perbawaslu yang mengatur ketentuan teknis tata kelola SDM dan organisasi, Pengawasan, penindakan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa Pemilihan.

"Aturan-aturan ini harus mengakomodir dan memperhatikan protokol keaehatan dalam penanggulangan Pandemi Covid 19," kata dia saat rapat bersama jajadan lewat Video Conference, Jumat (29/5/2020).

Menurut Malonda sudah menjadi kewajiban dan tantangan tersendiri bagi jajaran Bawaslu untuk melaksanakan beberapa poin pengawasan tahapan Pilkada di tengah masa-masa pandemi.

“Wajib bagi jajaran pengawas kita dan pengawas ad hoc yang nanti akan diaktifkan kembali untuk melaksanakan pengawasan saat tahapan pilkada dilanjutkan kembali," ujarnya.

Ia melanjutkan, strategi Bawaslu nanti. Pertama, merancang kembali anggaran pemilihan yang akan di sesuaikan dengan keadaan sekarang pandemi Covid-19.

Kedua, strategi pengawasan secara online oleh kelembagaan bawaslu kedepannya.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved