China Lawan India

Xi Jinping Lakukan Kesalahan Besar Jika Serang India, Negara Itu Kini Berkuasa, Punya Nuklir

Xi Jinping telah bergerak maju dengan rencananya untuk melepaskan status terpisah Hong Kong.

ISTIMEWA
ILUSTRASI: Tentara India siap siaga dalam sistem pertahanan di Kashmir 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden China Xi Jinping akan melakukan keselahan besar jika bentrok dengan India.

Diketahui, China sudah terlalu banyak terlibat konflik dengan berbagai negara mulai Amerika masalah Covid-19, Masalah Hong Kong, masalah Taiwan hingga Laut China Selatan yang melibatkan beberapa negara.

 Xi Jinping telah bergerak maju dengan rencananya untuk melepaskan status terpisah Hong Kong.

 
Dia juga memaksakan keutamaan pemerintahan komunis China di bekas wilayah Inggris.

Tindakan Xi menyoroti ketidakjujuran mendasar Tiongkok dan membuat semua negara berhenti sejenak untuk mempercayai kesepakatan apapun dengan China.

Hal itu mengingat bahwa ini bukan kesepakatan politik yang sederhana tetapi perjanjian Sino-Inggris resmi yang diratifikasi oleh kedua pemerintah di mana keduanya sepakat untuk mengizinkan Hong Kong mengatur dirinya sendiri selama 50 tahun, dasar dari apa yang disebut, kebijakan "One China, Two Systems."

Ketika Cina menghadapi ketidakpastian ekonomi dan jurang demografis , Xi mungkin merasa sebaliknya, percaya bahwa Amerika Serikat sebagai macan kertas dan krisis di selat Taiwan akan berguna untuk mengalihkan perhatian publik dari kegagalannya sendiri.

Karena itu, dalam komentar pada hari Jumat, 22 Mei, Perdana Menteri China Li Keqiang sengaja menghilangkan "damai" dari rumusan biasa tentang "penyatuan kembali secara damai."

Tetapi sementara para pakar dan perencana militer selama beberapa dekade khawatir tentang dorongan militer China ke Taiwan, krisis berikutnya mungkin tidak melibatkan agresi China melintasi Selat Taiwan, melainkan ke India.

Pemerinah Komunis China memprakarsai serangkaian pertempuran perbatasan dengan India setelah pemerintah India memberikan suaka politik Dalai Lama pada tahun 1959.

Pada tanggal 20 Oktober 1962, pasukan China melancarkan serangan serentak di sepanjang Garis McMahon, demarkasi antara Tibet dan India yang diajukan oleh Inggris pada Konferensi Simla 1914.

Halaman
123
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved