PDIP-Nasdem-Golkar Panasi ‘Mesin’: ODSK Siap Hadapi Pilkada saat Covid-19

Pilkada Serentak dijadwalkan 9 Desember 2020. Kesepakatan antara Pemerintah Pusat, DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum

Istimewa
ODSK Tetap Solid, Ada Upaya Ceraikan Malah Mentok 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pilkada Serentak dijadwalkan 9 Desember 2020. Kesepakatan antara Pemerintah Pusat, DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum ini menuai kontroversi. Namun, sejumlah figur calon kepala daerah di Sulawesi Utara menyatakan kesiapan menghadapi bertarung pada pesta demokrasi itu.

Bentrok tiga poros masih berpeluang di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut. Incumbent (petahana) Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) yang diusung PDIP. Poros berikut yang dimotori Partai Nasdem. Ada beberapa kandidat calon gubernur. Tapi paling menonjol Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L). Kemudian kekuatan terakhir Christiany Eugenia Paruntu (CEP) yang disponsori Partai Golkar.

Rp 34 Triliun untuk Petani dan Nelayan: Bantu untuk Bayar Angsuran

"ODSK sudah siap, kapan saja," kata Cawagub PDIP ini ketika dikonfirmasi tribunmanado.co.id, Kamis (28/5/2020). Dari sisi pasangan calon siap, begitu pun struktur partai. Sekretaris DPD PDIP Sulut, Franky Wongkar mengatakan, kerja partai terus dilakukan meski adanya penundaan pilkada.

Vonnie Anneke Panambunan (VAP)
Vonnie Anneke Panambunan (VAP) (Istimewa)

Secara konsolidasi, PDIP sudah menyiapkan diri sedari awal. Wongkar mengatakan, PDIP sejauh ini menjadi partai yang sudah menyiapkan pasangan calon. Pasangan calon Pilgub, PDIP kembali menetapkan petahana ODSK. "Kita kan sudah tetapkan calon pilgub, ya kita tinggal tunggu saja kapan pilkada dimulai lagi," ungkapnya.

Tak sekadar menunggu, di masa pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). Konsolidasi partai lewat rapat daring tetap dilakukan. Kemudian sesuai instruksi Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, kader PDIP membantu pemerintah dan masyarakat menghadapi Covid-19.

"Kerja kemanusian ini sekaligus memperlihatkan kepedulian partai terhadap rakyat yang sedang menghadapi dampak Covid-19," ujarnya. Tak lupa PDIP pun memantapkan struktur partai hingga ke bawah akar rumput.

VAP terus terjun ke masyarakat memberikan bantuan. Hingga saat ini, bakal cagub Sulut ini tak kenal lelah dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Sulut. Ia mengaku tidak ambisius untuk menjadi gubernur. "Jika Tuhan memerintahkan saya maju, maka sata akan maju. Kalau Tuhan berkehendak, saya tidak akan mundur. Jika Tuhan berkenan jadi gubernur, haleluyah, jika tidak, juga haleluyah," kata Bupati Minut, Kamis (28/5/2020).

Lanjut VAP, dia siap bertarung pada 9 Desember 2020. "Kalau Tuhan perintahkan, saya akan pergi untuk diutus,” ujar dia. Hingga saat ini, VAP masih menunggu keputusan Nasdem. "Tuhan pasti berikan yang terbaik, saya selalu minta dalam doa, puji Tuhan selalu diberikan dan dimudahkan," kata VAP.

Dia menyalurkan bantuan menggunakan dana pribadi, bantuan yang diberikan berupa uang tunai, masker, handsanitizer, sembako dan bantuan lainnya. "Doakan saya, saya selalu siap," ujar Bupati berparas cantik itu.

Elly Engelbert Lasut
Elly Engelbert Lasut (Tribun Manado / Fernando Lumowa)

Begitu juga E2L selalu berada di pusaran konstelasi politik menjelang Pilkada Sulut. Elly saat ini 'ogah' bicara pilkada, khususnya Pilgub Sulut yang selalu memunculkan namanya. "Saat ini kita menatap new normal, kini fokus menyelematkan masyarakat dari pandemi Covid-19," kata Elly, Kamis siang.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved