NEWS

Pengamat Kesehatan: Tenaga Medis Harus Waspada Penularan Virus di Dalam Fasilitas Kesehatan

Peningkatan pasien positif di Sulawesi Utara (Sulut) hingga hari ini terus meningkat tajam.

Istimewa
Pengamat Kesehatan Sulut dan Dosen Spesialis Epidemiologi dari UNIMA. Jonesius Manoppo 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Peningkatan pasien positif di Sulawesi Utara (Sulut) hingga hari ini terus meningkat tajam.

Saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Sulut sudah mencapai angka 239 orang. Diantara kasus tersebut tenaga medis menjadi paling rentan terinfeksi virus Corona ini.

Baru-baru ini, informasi terkini dari Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Provinsi Sulut mengonfirmasi satu orang dokter terinfeksi positif covid-19 di salah satu Fasilitas Kesehatan di Kota Manado.

Terkait hal ini, Pengamat Kesehatan Sulut Jonesius Manoppo, SKM, MKes mengatakan kondisi tersebut dikarenakan semakin banyak pasien positif yang berada di ruang isolasi maka akan semakin tinggi potensi tenaga kesehatan terpapar virus Corona ini.

"Tenaga kesehatan harus meningkatkan kewaspadaan, bahkan kepada semua orang, baik pasien, keluarga maupun sesama tenaga medis, walaupun dengan APD memadai, tetap jaga jarak sangat dibutuhkan," jelas Manoppo kepada Tribun Manado.

Menurutnya, semua tenaga kesehatan di semua Fasilitas Kesehatan justru harus lebih waspada dari masyarakat awam, karena peluang tertular lebih besar, baik yang berada di lingkungan Rumah Sakit maupun Puskesmas.

"Jangan pernah berpikir bahwa yang berisiko tinggi hanya mereka yang bekerja di ruang isolasi atau di bagian gawat darurat, bagian lain juga bahkan tenaga administrasi punya peluang yang sama untuk tertular virus," tutur Manoppo.

Untuk itu, kata Manoppo, salah satu solusi mencegah dan mengurangi penambahan pasien yang masuk ruang isolasi adalah dengan memperkecil arus pasien menuju rumah sakit. Penanganannya adalah dengan terus memaksimalkan protokol pencegahan covid-19 di masyarakat.

Diantarannya, imbauan pemerintah terkait menerapkan keputusan untuk hidup Berdamai Dengan Covid-19. Berdasarkan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.

Hal ini kata dia, dapat meningkatkan upaya pencegahan khususnya di tempat kerja baik Perkantoran dan sektor Industri untuk mencegah penularan COVID-19 bagi pekerja selama masa pandemi.

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved