Update Virus Corona Sulut

Amankah Konsumsi Obat Tradisional untuk Covid-19?

Tak jarang harta benda harus dijual untuk menjali pengobatan ataupun operasi dengan biaya yang besar.

Istimewa
Asep Rahman SKM MKes 

Oleh: Asep Rahman SKM MKes (Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsrat dan Sekretaris Lembaga Kesehatan NU Sulawesi Utara)

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Mungkin banyak di antara kita sudah sering mendengar atau membaca beragam saran untuk memanfaatkan obat tradisional sebagai salah satu alternatif pengobatan Covid-19.

Misalnya, gunakanlah tanaman sambiloto atau rebusan jahe sebagai pilihan. Penggunaan obat tradisional sendiri sudah sangat lazim digunakan oleh masyarakat kita, khususnya Sulawesi Utara.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terakhir yakni tahun 2018, memberikan informasi bahwa pemanfaatan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di Sulawesi Utara merupakan yang tertinggi di Indonesia, yakni sebanyak 55,6 persen keluarga yang menjadi respon menyatakan menggunakan TOGA, di mana secara rata-rata nasional hanya sebanyak 24,6 persen.

Pemanfaatan obat tradisional sering kali menjadi solusi untuk masalah kesehatan kita, baik itu penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Bahkan banyak catatan ilmiah menyebutkan tentang pemanfaatan obat tradisional untuk penanganan virus baru, seperti kasus flu burung di mana disimpulkan bahwa kombinasi antara pengobatan tradisional dengan pengobatan modern jauh lebih efektif menurunkan angka kematian saat itu.

Maka sangat mungkin, pemanfaatan obat tradisional untuk penyembuhan Covid-19 sangat besar saat ini.

Penggunaan obat tradisional sendiri kami rangkum dalam tiga alasan utama kenapa orang menggunakannya.

Pertama economical barrier atau hambatan ekonomi, ini merupakan alasan dominan kenapa masyarakat cenderung menggunakan obat tradisional.

Obat tradisional dikenal memang sangat murah, bahkan gratis untuk kita yang hidup negara tropis dengan kekayaan flora dan faunanya sebagai sumber obat tradisional.

Halaman
1234
Penulis: Dewangga Ardhiananta
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved