Internasional

Taliban dan Pemerintahan Afghanistan Sepakat Lakukan Gencatan Senjata saat Idul Fitri Selama 3 Hari

Presiden Ashraf Ghani menyatakan menghormati gencatan senjata itu, dan meminta pasukan Afghanistan untuk menerapkannya juga.

ist
Tentara Afghanistan berp[elukan dengan Taliban 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kelompok Taliban mengumumkan, mereka menyepakati gencatan senjata dengan pemerintah Afghanistan selama tiga hari saat Idul Fitri.

Nantinya, kesepakatan menahan diri tak melakukan tembak menembak itu bakal terjadi Minggu (24/5/2020), terjadi setelah peningkatan serangan dalam beberapa pekan terakhir.

Presiden Ashraf Ghani menyatakan menghormati gencatan senjata itu, dan meminta pasukan Afghanistan untuk menerapkannya juga.

Banyak pihak mendambakan, perjanjian berdurasi tiga hari itu akan berbuntut kepada pengurangan kekerasan dalam jangka panjang.

Namun dilaporkan BBC Sabtu (24/5/2020), Taliban sempat mengumumkan tiga hari gencatan senjata pada Idul Fitri 2018, namun tak diperpanjang.

wasih taliban
wasih taliban (New York Times)

"Jangan melakukan serangan terhadap musuh. Namun jika musuh menyerang, pertahankan diri kalian," ujar juru bicara kelompok itu, Zabihullah Mujahid.

Dia menambahkan, perjanjian itu hanya mereka terapkan untuk Idul Fitri,

yang merupakan hari perayaan selepas bulan suci Ramadhan.

"Saya menyambut pengumuman itu. Saya telah menginstruksikan militer untuk mematuhinya dan mempertahankan diri jika diserang," ujar Ghani di Twitter.

Bagaimana gambaran besarnya?

Halaman
12
Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved