Update Virus Corona Indonesia

TERKINI: Lagi, Seorang Dokter di Bali Positif Terinfeksi Virus Corona

Kepala Dinas Provinsi Bali ini mengungkapkan, dokter yang baru dinyatakan positif Covid-19 ini merupakan tenaga medis ketiga di Bali yang terinfeksi.

(Shutterstock)
Ilustrasi virus corona di Indonesia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, DENPASAR - Satu dokter di Bali dikabarkan terjangkit virus corona (Covid-19). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya. 

Dokter tersebut merupakan salah satu dokter di rumah sakit swasta di Denpasar.

Namun ia tidak menjelaskan secara detail, dokter tersebut merupakan tenaga kesehatan dari rumah sakit mana.

“Nggih memang ada (kembali dokter positif covid-19). Saat dirawat di RSUP Sanglah. Kondisinya baik saat ini, karena yang bersangkutan tanpa menunjukkan gejala Covid-19 pada umumnya,” ungkapnya singkat melalui sambungan telepon, Sabtu (23/5/2020).

Menurutnya, saat ini tim masih melakukan contact tracing dan menelusuri sumber penularannya.

“Saya tidak tahu persis jumlahnya, karena tim di lapangan yang tahu. Saat ini masih berlangsung tracing contactnya sesuai informasi yang didapat,” jelasnya.

Kepala Dinas Provinsi Bali ini mengungkapkan, dokter yang baru dinyatakan positif Covid-19 ini merupakan tenaga medis ketiga di Bali yang terinfeksi virus Corona.

Dalam rangkaian tugas diantaranya merawat pasien, tenaga medis pun rentan tertular virus.

Karena itu, meski sudah melakukan SOP dan protokol pengamanan, menurut Kadis Suarjaya, tenaga medis sangat memerlukan kejujuran pasien untuk melakukan penanganan.

“Di sisi lain perlu kejujuran dari pasien juga. Agar tenaga medis juga merasa aman saat merawat,” imbuhnya.

Terhadap tenaga kesehatan yang akan menangani pasien, dilakukan rapid test untuk memastikan kekebalan tubuhnya, sesuai dengan resiko dan tempat kerjanya.

“Kalau rapid tesnya positif, langsung di-swab,” terangnya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul BREAKING NEWS Seorang Dokter Dari Rumah Sakit Swasta di Denpasar Positif Covid-19.

Editor: Isvara Savitri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved