Virus Corona

Tanda Solidaritas, Gereja Injili Martha Digunakan Umat Muslim untuk Shalat Jumat Selama Pandemi C-19

Gereja Injili Martha yang terletak sekitar 1,6 kilometer dari masjid tersebut, tergerak untuk membantu umat Islam melaksanakan shalat Jumat.

FACEBOOK/NBS.ev DAR ASSALAM
Suasana pelaksanaan shalat jumat di dalam sebuah gereja di Berlin, Jerman pada Jumat (15/5/2020). Terlihat para jamaah menggunakan masker dan menjaga jarak. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jadi tanda solidaritas antara umat beragamaGereja Injili Martha yang terletak di Berlin, Jerman menyediakan fasilitas shalat Jumat bagi kaum muslim selama Ramadan 1441.

Selama pandemi virus corona (Covid-19/C-19), Masjid Dar Assalam di distrik Neukölln di ibukota Jerman biasanya menampung 1.000 orang.

Namun, pemerintah setempat hanya memperbolehkan maksimal 50 jamaah yang dapat melaksanakan ibadah di masjid tersebut.

Suasana pelaksanaan shalat jumat didalam sebuah gereja di Berlin, Jerman, Jumat (15/5/2020).
Suasana pelaksanaan shalat jumat didalam sebuah gereja di Berlin, Jerman, Jumat (15/5/2020). (FACEBOOK/NBS.ev DAR ASSALAM)

Melansir dari Newsweek, Jumat (22/5/2020), Gereja Injili Martha yang terletak sekitar 1,6 kilometer dari masjid tersebut, tergerak untuk membantu umat Islam melaksanakan shalat Jumat.

Dua khutbah Shalat Jumat berlangsung di dalam gereja, satu dalam Bahasa Jerman, satu dalam Bahasa Arab.

Terlihat, para jamaah menggunkaan masker dan menjaga jarak sosial selama mereka melaksanakan shalat Jumat.

"Ini adalah tanda solidaritas yang bagus. Kami bersyukur, ini adalah kesempatan yang baik untuk dialog antar-agama dan luar biasa bahwa gereja melakukan ini," kata pengurus masjid, Juanita Villamor, kepada Newsweek.

Langkah yang dilakukan oleh gereja telah menambah jumlah jamaah yang ingin hadir.

Banyak calon jamaah yang mendaftar online untuk mendapatkan tempat shalat Jumat.

"Bagi kami itu sangat membantu karena kami sekarang memiliki satu pengkhutbah di masjid dan satu pengkhutbah di gereja pada hari Jumat sehingga lebih banyak jamaah yang datang,” ujar Villamor.

Suasana pelaksanaan shalat jumat di dalam sebuah gereja di Berlin, Jerman pada Jumat (15/5/2020). Terlihat para jamaah menggunakan masker dan menjaga jarak.
Suasana pelaksanaan shalat jumat di dalam sebuah gereja di Berlin, Jerman pada Jumat (15/5/2020). Terlihat para jamaah menggunakan masker dan menjaga jarak. (FACEBOOK/NBS.ev DAR ASSALAM)
Halaman
123
Editor: Frandi Piring
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved