Breaking News:

Update Virus Corona Bitung

Ratusan Pedagang dan Pengunjung Pasar Girian Bitung Jalani Rapid Test

Ratusan pedagang dan pembeli pasar tradisional Girian menjalani pemeriksaan rapid test.

Christian Wayongkere/Tribun Manado
suasana pemeriksaan rapid test yang dilakukan tim medis dari gugus tugas percepatan penanggulangan covid 19 kota Bitung kepada ratusan pedagang dan pembeli pasar tradisional Girian di kantor Lurah Girian Weru 1, Jumat (22/5/2020). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Ratusan pedagang dan pembeli pasar tradisional Girian menjalani pemeriksaan rapid test (RT) Covid 19 di Kantor Lurah Girian Weru 1 Kecamatan Girian Kota Bitung, provinsi Sulut Jumat (22/5/2020).

Menurut Benny Lontoh kepala Dinas Perdagangan Kota Bitung, pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka antisipasi pengunjung pasa yang diprediksi akan membeludak jelang hari raya Idul Fitri 1441 H.

"Pemeriksaan yang dilakukan kepada 105 pedagang dan pembeli dan hasilnya semua non reaktif. Tapi ada 11 orang diantaranya yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat sehingga akan dilakukan swab tes kepada mereka," kata Benny kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (22/5).

Jalannya pemeriksaan RT tak luput dan pengawasan dan penjagaan Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, Danramil 1310-01 Lettu Julen Kasiaheng, Kapolres AKBP FX Winardi Prabowo, Kabag Ops Polres Bitung Kompol Moh Kamidin, Kapolsek Matuari Kompol Dolfie Rengkuan.

Danunit Intel Kodim 1310 Letda Inf Adrie Malinti, Camat Girian Musli Antameng, Lurah Girian Weru 1 Rukman Rasyid serta babinsa Sertu Juandri Lalao, Kapus GW dr Lanny Mamahit, Kabid Perdagangan Hengky Sumolang, Kepala Pasar Girian Ibu Nova, tim kesehatan Gugus tugas Kota Bitung.

Menurut Kapolres, kegiatan pemeriksaan Rapid test dilakukan oleh gugus tugas Covid 19 Kota Bitung dalam rangka pencegahan penularan wabah Covid.

"Agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang yang berpotensi menyebarkan virus corona dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid 19 di Kota Bitung tidak semakin bertambah," jelas Kapolres.

Di tempat terpisah dr Jeannet Watuna Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung menambahkan daridata Covid 19 menurut kriteria di Kota Bitung per hari Jumat (22/5/2020) mengalami penambahan dua orang pada kriteria orang dalam pengawasan.

"ODP sudah 9 orang, ketambahan 2 orang dari jumlah Kamis kemarin 7 orang. Dan untuk discarded atau orang yang dihapus dari status pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah lagi 1 orang menjadi 27 orang," jelas Watuna.

Lanjut satu diantara juru bicara gugu stugas percepatan penangganan pandemi Covid 19 di Kota Bitung, untuk kriteria lainnya seperti pasien terkonfirmasi positif tak beranjak dari angka 4 dan ada 1 pasien sembuh.

PDP yang meninggal dunia diangka 9 orang an PDP 16 orang.(crz)

Dude Harlino Pilih Lebaran Digital, Rayakan Idul Fitri 2020 di Tengah Pandemi dengan Tidak Mudik

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved