Idul Fitri 2020

Merayakan Lebaran dengan Tetap Sehat di Era Pandemic Covid 19

Berikut adalah beberapa saran agar tetap sehat sebelum kita menyongsong lebaran di era pandemic COVID-19. Prof Dr dr Starry H Rampengan Sp JP(K) MARS

Istimewa
Prof Dr dr Starry H Rampengan SpJP(K) MARS 

Oleh : Prof Dr dr Starry H Rampengan Sp JP(K) MARS

MERAYAKAN Lebaran kali ini benar-benar unik, berbeda dengan merayakan lebaran-lebaran sebelumnya.

Karena lebaran yang sebentar lagi akan dirayakan, terjadi disaat dunia sedang berduka akibat melandanya pandemic virus COVID-19.

Setidaknya ada 3 aktivitas pokok dalam merayakan lebaran, yaitu Takbiran, Sholat Idul Fitri dan Silaturahmi.

Berikut adalah beberapa saran agar tetap sehat sebelum kita menyongsong lebaran di era pandemic COVID-19.

Tradisi aktifitas saat lebaran biasanya adalah Silaturahmi dan Halal-bihalal, hal ini tentunya dapat dilakukan dengan memperhatikan anjuran dari pemerintah.

Dengan dimana diaturnya pembagian jam waktu berkunjung para Keluarga, Sahabat, dan Handai Taulan sehingga kerabat yang datang benar-benar diperhitungkan banyaknya dengan besar rumah kita agar tetap mengikuti peraturan physical maupun social distancing yang dianjurkan oleh pemerintah.

Jadi pada saat kunjungan Idul Fitri, sebaiknya sudah disiapkan tempat cuci tangan dengan sabun,

disediakan juga tempat duduk yang sudah diberi tanda dengan jarak setiap 2 meter, dan saat makan sebaiknya ditunjuk seorang anggota keluarga yang dipilih untuk menyendok makanan ke setiap piring anggota keluarga supaya tidak semua orang memegang secara langsung sendok makanan tersebut.

Diingatkan juga bahwa di era pandemic COVID-19 ini untuk tidak makan langsung dengan tangan karena hal tersebut hanya akan mempermudah masuknya virus tersebut ke tubuh kita.

Halaman
12
Editor: Handhika Dawangi
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved