Breaking News:

Ramadan 2020

LIVE STREAMING Sidang Isbat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah: Diumumkan Menag Secara telekonferensi

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka sidang isbat dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan.

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Tim PCNU Kota Surabaya melakukan rukyatul hilal untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2019 di Masjid Al Mabrur Jalan Nambangan, Bulak, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, Minggu (5/5/2019). Berdasarkan hasil pantauan PBNU, Muhammadiyah, dan pemerintah lewat Kemetrian Agama satu suara dalam menetapkan 1 Ramadhan pada 6 Mei 2019. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1441 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri 2020.

Sidang isbat digelar di Kantor Kementerian Agama pada Jumat (22/5/2020) sore ini. Menteri Agama Fachrul Razi akan memimpin langsung sidang isbat.

Jadwal Live Streaming Hasil Sidang Isbat Penentuan idul Fitri 1441 Hijriah.
Jadwal Live Streaming Hasil Sidang Isbat Penentuan idul Fitri 1441 Hijriah. (Tribunnews.com)

Karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka sidang isbat dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Namun, Kemenag menghadirkan siaran langsung sidang isbat melalui akun YouTube Kemenag RI.

Anda bisa mengikutinya di bawah ini:

Menurut Agus, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadhan lalu.

Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah maghrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag," kata Agus.

Sumber: Kompas.com

Tautan: https://nasional.kompas.com/read/2020/05/22/17374661/live-streaming-sidang-isbat-penentuan-idul-fitri-1441-hijriah

Editor: Frandi Piring
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved