Update Virus Corona Sulut

Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di Sulawesi Utara Variatif, Ini Penjelasan Jubir Satgas

Jubir satgas Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel menjelaskan dalam jumpa pers tentang biaya untuk perawatan pasien Covid-19

Istimewa
Juru bicara Satgas Covid-19 Pemprov Sulut dr Steaven Dandel 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Jubir satgas Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven Dandel menjelaskan dalam jumpa pers tentang biaya untuk perawatan pasien Covid-19.

Menurut Steaven Dandel untuk biaya perawatan pasien Covid-19 variatif.

"Tergantung dari yang lama perawatan ada komorbid atau tidak ada tindakan-tindakan spesifik atau tidak semua tindakan tersebut di dokumentasikan kemudian di klaim pembiayaannya," kata Steaven.

Steven menyebut, dari statusnya juga apakah Orang Dalam Pangawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pangawasan (PDP) atau pasien terkonfirmasi, tentu biayanya berbeda tidak sama.

"Satu pasien dengan perawatan yang sama mungkin biayanya juga bisa berbeda, karena sistim pengklaimannya tergantung dari tindakan yang dilakukan," tambah Steaven.

Jadi Steaven jelaskan, ada dasar klaim untuk biaya perawatan ini yaitu dalam Kemenkes nomor 238 tahun 2020 ini dijadikan petunjuk teknis untuk mengklaim penyakit infeksi.

Juga menurutnya ada surat dari Menkeu nomor S275NK.02.2020 tentang kategori klaim ODP atau itu PDP.

"Rumah Sakit (RS) nanti akan mengklaim berdasarkan dengan aturan yang sudah ada, tentunya ada proses verifikasi untuk menentukan kebenaran dari klaim tersebut," tutupnya. (Tribunmanado/Fistel Mukuan)

SUBSCRIBE YOUTUBE TRIBUNMANADO OFFICIAL:

Penulis: Fistel Mukuan
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved