Breaking News:

Idul Fitri 2020

38 Titik Rukyatul Hilal PBNU, Jumat 22 Mei: Masjid Denanyar Jombang hingga Pantai Taduma Ternate

Rukyatul hilal adalah metode pengamatan atau observasi terhadap hilal lengkungan bulan sabit paling tipis yang berketinggian rendah di atas ufuk barat

okezone
Ilustrasi rukyatul hilal PBNU. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Pengamatan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka menentukan 1 Syawal 1441 Hijriah, mulai digelar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), hari ini Jumat 22 Mei 2020.

Diketahui, rukyatul hilal adalah metode pengamatan atau observasi terhadap hilal lengkungan bulan sabit paling tipis yang berketinggian rendah di atas ufuk barat pasca matahari terbenam (ghurub) dan bisa diamati.

Berdasarkan berkas resmi PBNU mengenai informasi Hilal Syawal 1441 Hijriah yang diterima Kompas.com pada Kamis (22/5/2020), PBNU menyelenggarakan rukyatul hilal di 38 lokasi yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: Alasan PBNU Tetap Gelar Pengamatan Hilal 1 Syawal di Tengah Pandemi

Lokasi dibagi menjadi empat kategori, yaitu wilayah barat, tengah, timur, dan non pesantren.

Kegiatan ini akan dikoordinasikan oleh Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) untuk kemudian dilaporkan pada pengurus pusat PBNU.

"Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang selanjutnya akan menyampaikannya pada forum sidang isbat Kementerian Agama RI yang digelar secara dalam jaringan online," demikian bunyi petikan informasi.

Berikut 38 titik rukyatul hilal PBNU:

Wilayah Barat

Meliputi wilayah waktu Indonesia bagian barat, yakni Pulau Sumatra, Pulau Jawa dan sebagian Pulau Kalimantan.

Halaman
1234
Editor: Rizali Posumah
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved