News

Donald Trump Minum Obat Malaria Setiap Hari: Dokter Memberitahu, 'Ya Kalau Anda Mau"

Donald Trump minum (hydroxychloroquine) selama sepekan setengah, satu pil setiap hari.

REUTERS/TOM BRENNER via KOMPAS.COM
Presiden Amerika Serikat Donald Trump 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meski banyak mendapat kritikan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus mempromosikan hydroxychloroquine, obat malaria, sebagai pengusir Covid-19.

Dia mengaku setiap hari mengonsumsi satu butir hydroxychloroquine.

"Saya meminum (hydroxychloroquine) selama sepekan setengah. Satu pil setiap hari," kata Trump kepada para wartawan di Gedung Putih, Washington DC, Senin (18/5/2020) waktu setempat atau Selasa WIB.

Menurut Trump sang dokter memberitahunya, "Ya, kalau Anda mau." Trump sering mempromosikan pil kina sebagai pengobatan potensial virus corona. Namun penelitian selanjutnya membuktikan obat tersebut tidak membantu.

Pengungkapan itu muncul saat Moderna Inc melaporkan kemajuan dalam vaksin potensial Covid-19.

Obat satu-satunya yang muncul sebagai pengobatan potensial adalah remdesivir buatan Gilead Sciences Inc, yang disediakan untuk pasien rumah sakit.

Fox News Channel, tak lama seusai adanya pernyataan Trump, mewawancarai Dr Bob Lahita, yang memperingatkan masyarakat agar tidak mengkonsumsi hydroxychloroquine.

"Tidak ada pengaruh yang kami lihat dan kami telah mengobati banyak pasien menggunakan itu (hydroxychloroquine)," katanya.

Pengakuan itu merupakan perkembangan dramatis dalam upaya Trump untuk mempromosikan hydroxychloroquine.

Karena obat ini diresepkan untuk mengobati malaria dan kondisi lainnya, Trump telah menjadikannya aman dan menyarankan pasien virus corona untuk mencobanya.

Halaman
12
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved