Tips Sehat

Cara Menyajikan Cincau Rendah Gula di Hari Raya Idul Fitri, Pas Banget untuk Penderita Diabetes

Daun cincau hijau ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan sehingga melawan radikal bebas di dalam tubuh.

(Sajian Sedap) ()
es cincau 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Selain kue-kue manis, di antaranya nastar dan kastangel, godaan lain untuk penderita diabetes saat Hari Raya Idul Fitri adalah manis. Es cincau misalnya.

Tentunya kalau mengonsumsi yang disajikan untuk orang tanpa diabetes dengan kandungan gula yang banyak, bisa dengan cepat menaikkan kadar gula darah penderita diabetes.

"Kalau mau kasih tambahan sirup pilihlah pemanis atau sweetener. Jadi pakai langsung sweetener ya. Jadi itu bisa, ditambahkan jadi aman sekali," ungkap dr. Ida sat live di diabetasol, Senin (18/5/2020).

Kemudian cincaunya juga bikin sendiri saja agar tidak ada tambahan pemanis lagi. Caranya daun cincau hijau diremas-remas dengan tangan lalu tambahkan air, saring dan didiamkan di kulkas dan nantinya akan mengental.

 

Daun cincau hijau ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan sehingga melawan radikal bebas di dalam tubuh.

"Gampamg kan bikinnya tinggal remas diamkan jadi cincau hijau, hijau itu kaya klorofil berarti iti kaya antioksidan," kata dr. Ida.

Es cincau ini juga biasanya disajikam dengan tambahan sanran dan untuk penderita diabetes dr. Ida mengatakan boleh saja menambah santan tapi hanya 10 sendok makan santan encer saja.

"Kalau kita bikin minuman cincau cincau kemudian kita kasih biji selasih dan suka dikasih santan boleh jangan lebih dari 10 sendok makan," ungkap dr. Ida.

Takaran santan 10 sendok saja bagi penderita diabetes ini berlaku juga saat Lebaran nanti ingin makan ketupat sayur yang biasanya kuahnya terbuat dari santan.

"Kira-kira kuahnya tidak lebih dari 10 sendok makan ya santannya kalau makan ketupat, jadi jangan mangkok-mangkok itu dihabiskan semua, jangan!," tegas dr. Ida

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tips Penyajian Cincau Rendah Gula di Hari Raya Idul Fitri, Cocok untuk Penderita Diabetes, https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/05/19/tips-penyajian-cincau-rendah-gula-di-hari-raya-idul-fitri-cocok-untuk-penderita-diabetes.

Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved