Berita Bitung

Instansi Kepelabuhanan Kumpul Ribuan Paket Bantuan, Egam: Kebersamaan FKBM Untuk Kesejahteraan

Instansi Kepelabuhanan Kumpul Ribuan Paket Bantuan, Diberikan Kepada Buruh dan Warga

Instansi Kepelabuhanan Kumpul Ribuan Paket Bantuan, Egam: Kebersamaan FKBM Untuk Kesejahteraan - kepala-ksop-bitung-mursidi-dan-perwakilan-forum-komunitas-maritim-bitung-fkmb.jpg
Tribun Manado/ Christian Wayongkere
Kepala KSOP Bitung Mursidi dan perwakilan Forum Komunitas 'Maritim' Bitung (FKMB) menyerahkan ribuan paket bantuan sosial secara simbolis kepada penerima di kantor KSOP Bitung, Senin (18/5/2020).
Instansi Kepelabuhanan Kumpul Ribuan Paket Bantuan, Egam: Kebersamaan FKBM Untuk Kesejahteraan - kepala-ksop-bitung-mursidi-serahkan-ribuan-paket-bantuan-sosial.jpg
Tribun Manado/ Christian Wayongkere
Kepala KSOP Bitung Mursidi dan perwakilan Forum Komunitas 'Maritim' Bitung (FKMB) serahkan ribuan paket bantuan sosial secara simbolis kepada penerima di kantor KSOP Bitung, Senin (18/5/2020).

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - 11 sektor kepelabuhanan di Kota Bitung mengumpulkan paket bantuan pangan, untuk diserahkan kepada pihak yang terdampak perekonomiannya karena Pandemi Covid 19, Senin (18/5/2020).

Melalui sebuah wadah yang diberi nama forum komunitas 'Maritim' Bitung (FKMB) berhasil mengumpulkan 1,091 paket bantuan yang terdiri dari mie instan, minyak goreng, gula dan beras.

Disecarakan secara simbolis di kantor Kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan (KSOP) Bitung lewat acara penyerahan bantuan sosial kepada warga terdampak pandemi covid 19, kepada buruh, tenaga kerja bongkar muat, warga sekitar melalui mesjid dan gereja disekitar pelabuhan.‎

Pangdam Serahkan APD dan Bingkisan Lebaran kepada Tenaga Medis Kodam XIII/Merdeka

"Mewakili masyarakat yang akan menerima bantuan sosial, mengucapkan banyak terima kasih kepada forum komunits Maritim Bitung. Semoga kerjasama bantuan kepada masyarakat bisa bermanfaat, kepada yang membantu akan dibalas berkat oleh yang Maha Kuasa," ujar seorang perwakilan penerima dari unsur rumah ibadah.

Penyerahan secara simbolis diberikan kepada buruh bagasi 250 orang, buruh APBM 30 orang, pensiunan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) 11 orang, Insa 73 orang, pensiunan Bea Cukai 10 orang, Mesjid Ribathul Kulub Bitung 100 orang, mesjid Al Huda Pasar Cita 100 orang, Gereja GMIM Efrata I Bitung 100 orang, Gereja GPDI Bukit Hermon Bitung 100 dan pesiunan KSOP 24 orang.

Ada juga penyerahan kepada tenaga kerja dan pensiunan di ASDP total 110 orang sudah diserahkan tidak bersamaan dalam acara ini.

Penyerahan yang berlangsung di kantor KSO Bitung secara simbolis oleh perwakilan dan pimpinan KSOP, Terminal Peti Kemas Bitung, Pelindo IV (Persero) Cabang Bitung, APBMI, Insa, Bea Cukai, KKP, Pelni, Alfi/Ilfa, KPLP dan AKR kepada penerima.

Christian Egam Kepala Tata Usaha KSOP Bitung dalam keterangannya menyampaikan, FKMB merupakan gabungan institusi di pelabuhan Bitung yang kedepan akan menyuarakan hingga berumpuk dan berbuat untuk kemajuan kta Bitung yang dijuluki kota Pelabuhan.

"Pemberian kepada warga terdampak Covid 19, bisa terkumpul karena kebersamaan di bangun para institusi. Dengan harapan kedepan FKMB akan berbuat lebih banyak lagi dan lebih untuk kesejahteraan semua pengguna jasa pelabuhan serta seluruh stekholder yang terkait," kata Egam sapaan pria yang menjabat sekum Pengprov IMI Sulut.

Mursidi Kepala KSOP Bitung menambahkan, forum ini baru terbentuk beberapa bulan yang lalu sebagai wadah komunikasi antar masyarakat Maritim di Kota Bitung, didalamnya instansi dan asosiasi.

"Terbentuknya forum ini, satu diantaranya untuk bicarakan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan kepelabuhanan, termasuk kegiatan sosial yang menjadi program. Seperti saat ini membantu warga yang membutuhkan yang dikumpulkan dari FKMB kepada warga terdampak," tutur Mursidi.‎

Bagaimana Cara yang Benar Memulai Belajar Bahasa Asing Selama Karantina, Begini Kata Ahli Linguistik

Kepala KSOP Bitung Mursidi dan perwakilan Forum Komunitas 'Maritim' Bitung (FKMB) serahkan ribuan paket bantuan sosial secara simbolis kepada penerima di kantor KSOP Bitung, Senin (18/5/2020).
Kepala KSOP Bitung Mursidi dan perwakilan Forum Komunitas 'Maritim' Bitung (FKMB) serahkan ribuan paket bantuan sosial secara simbolis kepada penerima di kantor KSOP Bitung, Senin (18/5/2020). (Tribun Manado/ Christian Wayongkere)

Erauw Sondakh mewakili FKMB mengatakan, saat ini Dunia sedang mengalami bencana kesehatan, pandemi Covid 19 di rasakan hingga Kota Bitung yang dikenal sebagai kota pelabuhan.

Menghadapi pandemi ini ada program-program dari pemerintah untuk masyarakat yang terdampak.

Mereka yang kena PHK, pengurungan pendapatan dan lain sebegainya, sehingga pemerintah keluarga program untuk membantu.

"Kondisi ini menjadi perhatian kami FKMB yang bru terbentuk atas ide dan gagasan kepala KSOP Bitung Mursidi. Apresiasi dan terima kasih kepada kepala KSOP dgn forum ini membawa ke kebersamaan tunjang program dan cari solusi masalah-masalah di pelabuhan Bitung," kata Erauw yang juga anggota DPRD Bitung.

Gagasan program bantuan sosial bagi masyarakat dengan kajian atau tahap pertama kepada para buruh, pensisuanan instansi pelabuhan, jemaat gereja dan mesjid di sekitar pelabuhan Bitung.

Jangan dilihat besar kecilnya sumbangan, tapi lebih kepada kepedulian dan kiranya bisa bermanfaat berguna ringankan beban yang sedang dialami.

"FKMB bersama KSOP kiranya hal-hal posisitf ini bisa dilakukan lagi kedepan," tandasnya. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved