Update Virus Corona Dunia

Vietnam Laporkan Nol Kematian Covid-19, Reaksi Lebay Jadi Kunci Keberhasilannya

Hampir sebulan telah berlalu semenjak transisi komunitas yang terakhir dan dewasa ini negara Vietnam sudah mulai membukanya.

(Instagram @hanoicapital)
Vietnam Akhiri masa Social Distancing 

TRIBUNMANADO.CO.ID, HANOI - Hampir sebulan telah berlalu semenjak transisi komunitas yang terakhir dan dewasa ini negara Vietnam sudah mulai membukanya.

Vietnam berbatasan dengan China dan memiliki 97 juta orang penduduk, namun negara itu hanya mencatat lebih dari 300 kasus Covid-19 dengan tidak ada satu pun kematian yang disebabkan oleh virus tersebut.

Pendapat ahli mengatakan bahwa Vietnam memiliki kemungkinan kecil untuk kasus Covid-19 yang membesar karena telah bertindak sejak dini dan memanfaatkannya dengan baik.

Daftar 10 Wilayah dan Negara di Dunia yang Paling Sedikit Terpapar Covid-19

Vietnam juga dinilai oleh ahli tidak seperti negara lain yang memiliki jumlah infeksi dan kematian yang sangat besar, berkat usaha yang dinilai sebagai 'reaksi berlebihan'.

Meski menghemat biaya, dan memiliki pendekatan yang intensif, reaksi Vietnam ini dinilai mungkin sudah terlambat bagi sebagian besar negara lain untuk belajar dari keberhasilannya.

Tindakan ekstrem tapi masuk akal

"Ketika Anda berurusan dengan virus baru semacam ini yang berpotensi menimbulkan patogen berbahaya, lebih baik bereaksi berlebihan," kata Dr Todd Pollack dari Harvard's Partnership for Health Advancement di Vietnam, Hanoi.

Menyadari bahwa sistem medis di negaranya akan segera kewalahan oleh penyebaran virus Covid-19 saat masa ringan ini, Vietnam malah memilih pencegahan dini, dan dalam skala besar.

Vietnam Akhiri masa Social Distancing
Vietnam Akhiri masa Social Distancing (Instagram @hanoicapital)

Pada awal Januari, sebelum ada kasus yang dikonfirmasi, pemerintah Vietnam telah memulai "tindakan drastis" untuk mempersiapkan penanganan terhadap pneumonia baru yang misterius ini yang pada saat itu telah membunuh dua orang di Wuhan.

Tepat ketika kasus virus pertama dikonfirmasi pada 23 Januari di China - seorang pria yang telah melakukan perjalanan dari Wuhan untuk mengunjungi putranya di Kota Ho Chi Minh - rencana darurat Vietnam pun beraksi.

Halaman
1234
Editor: Gryfid Talumedun
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved