Berita Minsel

Urus Surat-Surat, Disdukcapil Minsel Buka Layanan Lewat Aplikasi Whatsapp

Masyarakat tinggal melakukan chatting di nomor Whatsapp dan akan dilayani dengan sepenuh hati. Pelayanan juga tak dipungut biaya alias gratis.

IST
Disdukcapil Minsel 

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG - Adanya aturan social distancing dan work from home dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona, tapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tetap membuka pelayanannya.

Kepala Disdukcapil Minsel Drs Cornelis Mononimbar, belum lama ini mengatakan layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti surat nikah, akte kelahiran dan KTP Elektronik tetap berjalan.

"Kami tetap melayani penerbitan adminsitrasi bagi masyarakat Minsel. Karena walaupun ada pandemik covid-19 tapi penerbitan surat-surat ini penting bagi masyarakat," kata dia.

Pelayanan ini kata Cornelis Moninimbar dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp. 

"Ada nomor WhatsApp dari staf kami yang dibagikan kepada masyarakat," ujar Kadiscapil Minsel.

Masyarakat tinggal melakukan chatting di nomor Whatsapp dan akan dilayani dengan sepenuh hati. Pelayanan juga tak dipungut biaya alias gratis.

Namun bagi masyarakat yang berencana mengurus surat-surat di Kantor Disdukcapil Kabupaten Minsel secara langsung, wajib mengikuti protap pencegahan covid-19.

Sebelum masuk ke kantor ini, masyarakat akan diminta untuk cuci tangan pakai sabun. Kemudian suhu tubuh diukur memakai thermolgun oleh staf di kantor tersebut.

Setelah itu masyarakat akan dilayani oleh staf yang memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. Permohonan pembuatan administrasi kependudukan dan catatan sipil kepada staf ini hanya bisa dilakukan dalam jarak kurang lebih dua meter.

Corneles Mononimbar mengatakan ini dilakukan dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penyebaran covid-19. Dia menuturkan lantaran dinasnya merupakan kantor pelayanan publik maka sangat rentan terjadi penyebaran virus corona.

"Lebih baik kita cegah dulu. Kami juga menyediakan handsinitizer yang bisa digunakan masyarakat," ujarnya.
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Chintya Rantung
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved