Berita Minahasa

Jaga Persediaan Logistik, Pemkab Minahasa Bentuk Tim Ketahanan Pangan

Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu mengatakan bakal membentuk Tim Pengawasan Ketahanan Pangan

Istimewa
Pemkab Minahasa Bentuk Tim Ketahanan Pangan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Demi menjaga Ketahanan Pangan Nasional Pada Saat Tanggap Darurat Covid-19, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu mengatakan bakal membentuk Tim Pengawasan Ketahanan Pangan.

"Instruksi Menteri Dalam Negeri no. 2 Tahun 2020 Tentang Menjaga Ketahanan Pangan Nasional Pada Saat Tanggap Darurat Covid-19 dengan Agenda Tim Ketahanan Pangan Daera," katanya, Minggu (17/5/2020).

Dikatakannya lagi untuk menjaga ketahanan pangan nasional pada saat tanggap darurat Covid-19 mulai dari pusat sampai daerah, dibentuklah satuan tugas untuk memastikan dan memonitor ketahanan pangan daerah secara harian mulai dari ketersediaan kebutuhan kelancaran distribusi dan fluktuasi.

“Untuk menjaga ketahanan Pangan akan dibentuk satuan tugas, karena itu dimintakan kepada pemerintah Provinsi sampai kepada Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membentuk satgas ketahanan pangan," tandasnya.

BREAKING NEWS - Pasien Positif Covid-19 Kasus 93 di Sulut Meninggal Dunia

Ia menambahkan, Satgas inilah yang akan mengisi laporan harian tentang 11 bahan pangan pokok berupa, Beras, Jagung, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai Besar, Cabai Rawit, Daging Sapi/Kerbau, Daging Ayam ras, Telur Ayam ras, Gula Pasir, dan minyak goreng, sesuai tabel yang ada dan akan dilaporkan oleh pemerintah daerah kepada pemerintah provinsi sampai ke pemerintah pusat.

“Satuan tugas ini diketuai oleh Sekretaris Daerah yang beranggotakan Dinas Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Bapeda, Dinas Perhubungan, TNI/Polri serta Buloq. Satuan tugas bertanggungjawab kepada Bupati dan melaporkan setiap hari ketersediaan kebutuhan fluktuasi harga,” papar Muntu.

Oleh Karena itu, diharapkan kepada semua elemen masyarakat untuk tetap dan selalu mematuhi himbauan- himbauan dari Pemerintah seperti menerapkan pola hidup sehat, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak/menerapkan physical and social distancing, dan tidak perlu berpergian jika memang tidak dibutuhkan.

“Mari bersama-sama mensukseskan semua program pemerintah yang berkaitan dengan penanganan covid-19. Kepatuhan dari masyarakat, kepatuhan dari petugas bisa mengantisipasi penyebaran dan pemutusan mata rantai penyebaran covid-19,” harap Muntu.

Ia juga mengajak untuk kita Berdoa bersama agar Covid-19 segera berakhir dan kita dapat melaksanakan kegiatan seperti sediakala.

Tenaga Kesehatan Tertinggi Positif Covid-19 di Sulut, Kalahkan klaster Gowa dan Pinasungkulan

Penulis: Andreas Ruauw
Editor: David_Kusuma
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved