Breaking News:

Update Virus Corona Bitung

Odi Dipecat Tanpa Sebab dan Alasan yang Jelas oleh Perusahan

Ironisnya beberapa karyawan kepada Tribunmanado.co.id, mengungkapkan di PHK tanpa sebab dan alasan yang jelas dari perusahan.

Kompas.com/Wahdi Septiawan
Ilustrasi demo PHK 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Bencana non alam Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, berakibat pada tidak stabilnya perputaran roda perekonomian di sejumlah perusahan yang ada di Kota Bitung, Provinsi Sulut.  

Akibatnya beberapa karyawan di rumahkan dan di PHK (pemutusan hubungan kerja).

Ironisnya beberapa karyawan kepada Tribunmanado.co.id, mengungkapkan di PHK tanpa sebab dan alasan yang jelas dari perusahan.

Seperti yang dialami Noldi Patila warga Kabupaten Gorontalo yang berdomisili di kompleks Sari Kelapa Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa Kota Bitung, di PHK management satu diantara supermarket ternama di pusat Kota Bitung.

"Saya di PHK pada Selasa (12//5/2020) tanpa alasan. Sempat di tanyakan namun management hanya mengatakan sudah berhentikan," tutur Odi sapaannya.

Ironisnya pemecatan yang dilakukan oleh perusahan tempatnya bekerja tidak dibarengi dengan pemberian hak sebagai karyawan yang telah bekerja selama 9 tahun, yaitu pesangon.

Nasib yang dia alami ini, sudah disampaikan ke ketua serikut pekerja dan pihak Dinas Tenaga kerja Kota Bitung, dengan harapan perusahan bisa memberikan haknya sebagai karyawan yaitu pesangon.

Karyawan lainnya Karlinda, mengaku di rumahkan oleh perusahan kontraktor pihak ketiga dari satu diantara BUMN yang bergerak di sektor kelistrikan.

Menurut warga Kelurahan Danowudu Kecamatan Ranowulu, di rumahkan sejak bulan April 2020. Selain dirinya ada beberapa teman yang lain sejak bulan Maret 2020.

"Di rumahkan bukan karena covid 19, info yang kami dengar karena tidak ada dana dari perusahan. Dan saat bertepatan dengan covid 19 mereka menjadikan alasan pemecatan karena covid 19" cerita Karlinda.

Dengan kejadian ini dirinya berkeinginan besar untuk melaporkan masalah ini ke instansi terkait, untuk memperoleh haknya sebagai karyawan.(crz)

BERITA TERPOPULER :

 Kabar Duka untuk KSAD Jenderal Andika Perkasa

 Nekat Buka Kulkas Peninggalan Ibunya yang Dilakban Puluhan Tahun, Pria Ini Histeris Keluar Apartemen

 Janji Suci McGregor untuk Mike Tyson: Saya Bersumpah Atas Hidup Saya untuk Ini

TONTON JUGA :

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Maickel_Karundeng
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved