Berita Daerah

Bupati Sehan Landjar Perbolehkan Rumah Ibadah Dibuka Kembali, Terapkan Protap Covid-19

Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar memberikan intruksi membuka kembali rumah ibadah di Boltim.

siti nurjanah/tribun manado
Bupati Sehan Landjar Perbolehkan Rumah Ibadah Dibuka Kembali, Terapkan Protap Covid-19 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar memberikan intruksi membuka kembali rumah ibadah di Boltim.

Hal tersebut disampaikan Bupati Boltim Sehan S Landjar dalam sambutan di rapat Paripurna DPRD terkait LKPJ 2019 di Kantor DPRD Boltim, Rabu (13/5/2020).

Sehan Salim Landjar mengatakan, meski dirinya membuka kembali rumah ibadah, para jemaat harus menerapkan protokol kesehatan sesuai protap Covid-19.

"Harus dipatuhi oleh jemaat, baik itu muslim dan kristiani. Meski membuka kembali tempat ibadah, saya juga memberi beberapa ketentuan, yang beribadah di gereja atau masjid hanya jemaat setempat, dalam keadaan sehat tidak ada penyakit bawaan/sedang sakit, wajib menggunakan masker, rumah ibadah menyediakan tempat cuci tangan dan wajib cuci tangan, rumah ibadah wajib di semprot disinfektan minimal dua kali sehari, jamaat jaga jarak dan tidak berjabat tangan," bebernya.

Terlebih untuk umat muslim agar saat ibadah di percepat, seperti khotbah dan saat salat pun menggunakan ayat pendek. Untuk umat kristiani diimbau untuk mengurangi nyanyian atau puji-pujian.

"Saya juga meminta salat Idulfitri dilakukan di lapangan, tidak dilakukan di masing-masing desa tapi beberapa desa dikumpul disuatu tempat," ucapnya.

Pada saat Idulfitri Ia juga meminta kepada pemuda gereja dan tenaga kesehatan dari semua umat kristiani untuk berada ditiap pintu masuk lapangan, dan mereka sangat siap.

Adapun alasan Sehan Landjar membuka kembali rumah ibadah adalah kalau gereja dan mesjid yang datang bersih, duduk rapi dan bisa diatur.

"Sementara pasar dilarang, kalau saya baca Tuhan tidak terlalu suka tempat itu karena kotor, maksiat dan sebagainya.
Maka dasar itulah saya minggu lalu sudah memerintahkan untuk memperbolehkan sholat di masjid, Alhamdulillah kemarin menteri agama berbicara hal yang sama," ucapnya.

Ia menambahakan, bahkan Menteri Agama berencana membuka masjid dan semua tempat ibadah.

Halaman
12
Penulis: Siti Nurjanah
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved