Update Virus Corona Indonesia

WASPADA, 2 Penyakit Penyerta Ini Paling Banyak jadi Pemicu Kematian Pasien Virus Corona Indonesia

Doni Monardo Ada dua penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi pada pasien Covid-19

kompas.com
ilustrasi ginjal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah menyatakan bahwa pada periode 11 - 12 Mei 2020 masih ditemukan penularan virus corona yang menyebabkan kasus Covid-19 bertambah.

Berdasarkan data yang masuk hingga Selasa (12/5/2020) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 484 kasus Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan bahwa sebagian kematian akibat virus Corona dipicu oleh adanya penyakit penyerta (Komorbid).

Ada dua penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi pada pasien Covid-19, pertama yakni penyakit ginjal. 

"Dari 10 orang yang terkena covid tapi memiliki penyakit penyerta ginjal, angka kematian mencapai 7 dari 10 orang, tepatnya 6,8 dari 10. artinya ini sangat tinggi sekali," kata Doni usai rapat terbatas evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Selasa, (12/5/2020).

Setelah ginjal, penyakit lainnya yang memicu kematian pada pasien Corona yakni Jantung.

Dari 10 pasien yang memiliki riwayat jantung, 5 diantaranya meninggal. 

Oleh karena itu, Doni mengingatkan warga yang punya penyakit ginjal dan jantung untuk melakukan isolasi mandiri secara serius dan sungguh-sungguh. 

"Tidak boleh melakukan kegiatan yang berhubungan dengan siapapun juga apalagi dengan orang yang tidak dikenal," tuturnya.

Selain itu berdasarkan data dua bulan terkahir,  kelompok usia 60 tahun ke atas mengalami angka kematian tertinggi yakni 60 persen.

Halaman
1234
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved