Update Virus Corona Dunia

PENGAKUAN Kepala Institut Virologi Wuhan Soal Tudingan Covid-19 Bocor

Amerika salah satu negara yang ngotot menyebut Covid-19 bocor dari Institut Virologi Wuhan.

Hector RETAMAL / AFP
Foto dari udara menunjukkan laboratorium BSL-4 di Institut Virologi Wuhan di Wuhan di Provinsi Hubei Tengah Cina pada 17 April 2020. Laboratorium epidemiologi P4 dibangun bekerja sama dengan perusahaan bio-industri Prancis Institut Merieux dan Akademi Ilmu Pengetahuan China . Fasilitas ini adalah di antara segelintir laboratorium di seluruh dunia yang dibuka untuk menangani patogen Kelas 4 (P4) - virus berbahaya yang berisiko tinggi penularan dari orang ke orang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Institut Virologi Wuhan dituding sebagai sumber virus corona yang kini sudah menginveksi jutaan orang di seluruh dunia.

Amerika salah satu negara yang ngotot menyebut Covid-19 bocor dari Institut Virologi Wuhan.

Kepala Laboratorium Institut Virologi Wuhan (Institute of Virology) menegaskan, lembaga yang dipimpinnya mematuhi seluruh standar keamanan tertinggi dalam menjalankan fasilitas Laboratorium.

Hal ini menyusul tudingan virus corona (Covid-19) berasal dari laboratorium Wuhan.

Kepala Laboratorium P4 di Institut Virologi Wuhan, Yuan Zhiming memastikan, fasilitas tersebut menerapkan standar keamanan tertinggi, yakni tingkat empat – yang diberi wewenang untuk melakukan penelitian terhadap patogen paling berbahaya, seperti Ebola, virus Lassa Afrika Barat dan virus demam hemorrhagic Krimea-Kongo.

Para ilmuwan telah menolak kemungkinan virus corona sebagai buatan manusia.

Tetapi banyak teori mengatakan, virus itu secara tidak sengaja bocor dari laboratorium dan terus menyebar.

Bahkan Presiden AS Donald Trump mengatakan memiliki bukti untuk mendukung klaim itu.

"Kami telah mengadopsi serangkaian langkah untuk memastikan tidak ada virus dapat bocor dari laboratorium kami," ujar Yuan Zhiming, seperti dilansir media lokal South China Morning Post, Senin (11/5/2020).

Yuan mengatakan laboratorium memiliki sistem manajemen yang ketat, termasuk prosedur penanganan limbah dan bahan menular.

Halaman
1234
Editor: Aldi Ponge
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved