Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Pilkada Bergeser ke Desember , KPU Boltim Nantikan PKPU, Bawaslu Minsel Segera Aktifkan Panwascam

Pemungutan suara yang akan direncanakan pada Desember 2020 dapat saja dijadwalkan kembali apabila situasi pandemi Covid-19 belum juga memungkinkan.

Penulis: Siti Nurjanah | Editor: maximus conterius
Via Tribun Kaltim
Ilustrasi Pilkada Serentak 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Pilkada serentak tahun 2020 yang awalnya digelar pada September 2020 resmi bergeser ke Desember 2020 akibat pandemi Covid-19.

Hal ini menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang.

Dalam Perppu Pilkada Serentak tersebut disebutkan bahwa pemungutan suara yang akan direncanakan pada Desember dapat saja dijadwalkan kembali apabila situasi pandemi belum juga memungkinkan.

Terkait terbitnya Perppu tersebut, Komisioner KPU Bolaang Mongondow Timur Abdul Kader Bachmid mengatakan, pihaknya masih menunggu diterbitkannya PKPU dari KPU Pusat.

"PKPU itu akan menjadi acuan kami secara teknis mulai dari tahapan hingga anggaran," ujar Kader yang menduduki Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Boltim, Kamis (7/5/2020).

Hal yang sama dikatakan Ketua KPU Boltim Jamal Rahman.

Pilkada Serentak Digelar Desember 2020, KPU Sulut Tunggu PKPU Terbaru

Kata dia, regulasi yang keluar itu Perppu, dan untuk teknis kegiatan atau pelaksanaan pilkada, mereka masih menunggu petunjuk dari KPU RI.

“Karena ini pemilihan serentak kami menunggu petunjuk dari KPU RI," katanya.

Di Minahasa Selatan yang juga akan menggelar pilkada serentak, Komisioner Bawaslu Frany Sengkey, mengatakan, Bawaslu siap melaksanakan pengawasan pilkada jika tahapan sudah resmi dilanjutkan.

"Kami akan mempersiapkan lagi personel dan mapping program untuk di sesuaikan. Hanya saja semua tergantung perkembangan Covid-19 yang ditangani pemerintah," ujarnya.

Pilkada Ditunda Desember, Jokowi Sebut Penyelenggaraannya Setelah Bencana Non Alam Berakhir

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved