Internasional

Donald Trump Mengaku Senang Melihat Kim Jong Un Muncul Kembali di Hadapan Publik dan Baik-baik Saja

"Aku, untuk satu, senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" tulis Trump di akun twitternya.

afp
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan ke selatan dengan Presiden AS Donald Trump, setelah Trump secara singkat melangkah ke utara Garis Demarkasi Militer yang membagi Korea Utara dan Selatan, di Area Keamanan Bersama (JSA) Panmunjom di zona Demiliterisasi (DMZ) pada Minggu (30/6/2019). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) DOnald Trump akhirnya memberi tanggapan terkait munculnya kembali Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, setelah beberapa saat menghilang.

Donald Trump menyatakan dirinya senang kembali muncul di hadapan publik dan baik-baik saja.

Trump me-retweet foto media Korea Utara yang melaporkan Kim Jong Un menghadiri upacara pemotongan pita di pabrik pupuk fosfat Sunchon.

"Aku, untuk satu, senang melihat dia kembali, dan baik-baik saja!" tulis Trump di akun twitternya.

Ini adalah penampilan publik pertama Kim dalam waktu sekitar tiga minggu setelah tiga pekan menghilang dan menimbulkan spekulasi mengenai kondisi kesehatannya.

CNN telah menghubungi Gedung Putih untuk mendapatkan informasi tambahan tentang tweet Presiden Trump dan apakah Gedung Putih telah mengautentikasi foto-foto yang dikeluarkan media pemerintah Korea Utara.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa analisis saat ini dari berbagai intelijen, bahwa foto-foto yang diterbitkan dalam 24 jam terakhir oleh media pemerintah Korea Utara yang memperlihatkan Kim di pembukaan pabrik pupuk adalah sah.

Penasihat Presiden Korea Selatan Moon Chung-in mengatakan kepada CNN bahwa pemimpin Korea Utara tersebut "hidup dan sehat" meskipun ada spekulasi tentang kesehatannya.

Penasihat Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan Kim telah tinggal di daerah Wonsan, di pantai timur negara itu, sejak 13 April 2020.

Pertanyaan mengenai kesehatan Kim awalnya muncul setelah dia melewatkan perayaan ulang tahun kakeknya pada 15 April. Kim telah terlihat empat hari sebelumnya pada pertemuan politbiro, menurut media pemerintah Korea Utara, KCNA.

Halaman
12
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved