Breaking News:

Berita Sepak Bola

Stadion Utama Gelora Bung Karno Masuk Nominasi Stadion Termegah di Asia Tenggara Versi AFC

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam daftar stadion termegah di Asia Tenggara (ASEAN) versi Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Editor: Gryfid Talumedun
MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM
Timnas timnas U-19 Indonesia kontra timnas U-19 Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018), pukul 19.00 WIB 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Siapa yang tak kenal dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)?

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masuk dalam daftar stadion termegah di Asia Tenggara (ASEAN) versi Konfederasi Sepak Bola Asia ( AFC).

Dalam voting melalui laman resmi AFC yang dimulai pada Jumat (1/5/2020), GBK bersaing dengan stadion-stadion megah lain yang berada di kawasan ASEAN.

Tak Diisolasi di Rumah Sakit, Warga Protes Dokter yang Positif Covid-19

Selain GBK, dalam voting tersebut AFC juga menyertakan Stadium Australia (Australia), Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia), Stadion My Dinh (Vietnam), dan juga Stadion Rajamangala (Thailand).

AFC menulis, GBK merupakan stadion yang sangat menakjubkan.

AFC menyebut stadion yang terletak di DKI Jakarta itu sebagai salah satu ikon Indonesia serta merupakan salah satu venue olahraga paling unik.

Salah satu bagian yang menjadi sorotan AFC adalah atap ikonik GBK yang disebut sebagai atap "temugelang" berbentuk oval yang menutupi seluruh tribune.

Selain digunakan untuk menggelar laga sepak bola, stadion berkapasitas 80.000 penonton itu juga difungsikan untuk menghelat pertandingan cabang olahraga lain.

GBK yang mulai dibuka pada 1962 tercatat pernah menjadi tuan rumah event olahraga dan sepak bola internasional, di antaranya Asian Games 1962 dan 2018 serta Piala Asia 2007.

Selain itu, stadion yang menjadi kandang timnas Indonesia dan Persija Jakarta itu juga pernah tiga kali menjadi venue Piala AFF (2002, 2004, 2008) dan AFC U-19 Championship 2018.

Pada 2018, dilakukan renovasi besar-besaran di Stadion GBK untuk menyambut Asian Games 2018.

Renovasi tersebut meliputi penambahan pencahayaan yang saat ini berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya.

Selain itu, kualitas tempat duduk di tribune juga diperbaiki dengan pemasangan kursi lipat (single seat flip up) yang telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi yang dipasang di tribune GBK mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme.

Sementara itu, lapangan menggunakan rumput jenis zoysia matrella yang merupakan rumput terbaik sesuai standar FIFA.

Selain itu, Stadion GBK juga telah dilengkapi dengan penyiram rumput otomatis serta sistem drainase anti banjir atau zero run-off.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul GBK Masuk Nominasi Stadion Termegah di Asia Tenggara Versi AFC
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved