Breaking News:

Update Virus Corona Indonesia

Perempuan Usia 22 Tahun Baru Melahirkan 14 Hari Dinyatakan Positif Covid-19

Kabarnya seorang perempuan usia 22 tahun dinyatakan positif virus corona setelah melahirkan bayinya yang masih usia 14 hari, Selasa (28/4/2020).

Kompas.com
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Kabarnya seorang perempuan usia 22 tahun dinyatakan positif virus corona setelah melahirkan bayinya yang masih usia 14 hari, Selasa (28/4/2020).

Diketahui Sebelum positif, warga Desa Labangka, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur ini, sudah berstatus orang tanpa gejala (OTG) Covid-19 saat sedang hamil.

Ternyata dia pernah melakukan kontak erat dengan tiga pasien yang sudah positif corona sebelumnya dari klaster Ijtima Ulama Dunia, Gowa, Sulawesi Selatan.

Stres Karena Lockdown Covid-19, Seorang Pria Nekat Lempar Istrinya dari Lantai 7

Setelah lahir, tim medis sempat melakukan rapid test terhadap bayinya dan hasilnya reaktif. Namun setelah swab ternyata negatif. Hanya ibunya yang positif.

“Kita doakan semoga bayi tersebut tetap sehat. Hasil swab bayinya negatif,” ungkap Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Karena punya bayi, pasien ini menjalani tidak menjalani isolasi di rumah sakit, hanya di rumah bersama bayinya.

Tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan PPU telah membekali sejumlah arahan merawat bayi agar tak terjangkit, terlebih saat menyusui.

“Kita wajibkan ibunya selalu pakai masker. Untuk bayinya kita beri alat perlindung, ketika menyusui pun aman,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan PPU, Arnold Wayong terpisah.

Arnold mengatakan pasien tersebut terpapar karena transmisi lokal. Sebab, yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

Obat Maag Diteliti untuk Sembuhkan Virus Corona, Ilmuwan Amerika Uji Coba, Warga Serbu Toko Obat

Hanya, dia satu rumah dengan iparnya dan dua tetangganya yang sudah dinyatakan positif sebelumnya dari klaster Ijtima Ulama Dunia, Gowa, Sulawesi Selatan.

Hingga Rabu (29/4/2020), total pasien positif corona di PPU berjumlah 15 orang, satu diantaranya dinyatakan sembuh, pada Selasa (28/4/2020).

Tersisa 14 pasien lain yang masih mendapat perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung, PPU.

Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan sebanyak 14 orang.

Dul Jaelani Pelajari Biografi HOS Tjokroaminoto, Maia Estianty: Banyak Samanya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Melahirkan 14 Hari, Perempuan Usia 22 Tahun Dinyatakan Positif Corona"

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved