Dampak Virus Corona

33 Warga Palembang Ditangkap Lalu Dikarantina, Karena Bandel Keluar Tak Pakai Masker

Ada Sejumlah 33 warga Palembang yang kedapatan keluar tak menggunakan masker, ditangkap oleh petugas gabungan pencegahan Covid-19.

(Foto: Tribun Jabar/Gani Kurniawan - Megapixl.com)
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ada Sejumlah 33 warga Palembang yang kedapatan keluar tak menggunakan masker, ditangkap oleh petugas gabungan pencegahan Covid-19.

Mereka ditangkap dan dibawa untuk dikarantina selama 1x24 jam di asrama Haji Palembang, lantaran tak mengikuti Walikota Palembang nomor 1 Tahun 2020, tentang pengendalian, pencegahan, penanganan penyebaran Covid-19.

Menurut laporan Kepala Satuan Pol PP kota Palembang Guruh Agung Putra Jaya mengatakan, instruksi Wali Kota nomor 1 tersebut mulai diberlakukan Kamis (30/04/2020).

Risma: Meninggalnya 2 Pegawai Pabrik Sampoerna Karena Pasien Tak Jujur, Status PDP Tapi Bekerja

Harapan Muncul Bagi Peserta CPNS 2019, Pelaksanaan Tes SKB Usai Lebaran

Dalam aturan itu, setiap warga harus mematuhi protokol keamanan Covid-19, salah satunya dengan menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

Saat dilakukan pemeriksaan di sejumlah titik check point, petugas masih mendapati warga yang enggan menggunakan masker dengan berbagai macam alasan.

"Masih banyak warga yang bandel tidak menggunakan masker, hari ini sudah 33 kita amankan untuk di karantina di asrama haji," kata Guruh, Kamis (30/4/2020).

Warga yang menjalani karantina tersebut, nantinya akan diedukasi tentang pentingnya penggunaan masker saat berada di luar rumah pada masa pandemi saat ini.

"Di asrama haji ada 25 kamar yang disiapkan dengan daya tampung 50 orang. Ini khusus untuk warga yang dikarantina yang tidak menggunakan masker," ujarnya.

Jokowi: Beri Prioritas Dapat Kartu Prakerja untuk Korban PHK dan Pekerja yang di Rumahkan

Apakah Sah Hukumnya Bila Menggunakan Masker Saat Shalat ? Berikut Penjelasan dari Buya Yahya

Palembang bersiap PSBB

Wali Kota Palembang Harnojoyo menambahkan, dengan adanya tindakan tegas tersebut, ia mengharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan masker sebagai salah satu upaya pencegahan, penyebaran Covid-19.

"Apa yang dilakukan demi kebaikan bersama. Karena penularan virus ini begitu cepat," kata Harnojoyo.

Harno, sapaan akrabnya, menjelaskan, sosialisasi protokol saat ini juga sebagai salah satu persiapan sebelum Palembang menerapkan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB).

Sebab, dalam waktu dekat, Harno mengaku akan mengajukan PSBB ke pemerintah Provinsi Sumsel untuk diteruskan ke Kementerian Kesehatan.

"Kedisiplinan masyarakat jadi upaya yang harus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Kita juga terus menyampaikan ke masyarakat agar pentingnya menerapkan physical distancing," ujarnya.

Seorang Gadis Pingsan di Kamar Mandi Minimarket Madiun, di Evakuasi Tim Medis dengan Menggunakan APD

60 Mayat Ditemukan Menumpuk Dalam Truk di Kota New York saat Pandemi Virus Corona

Tes Kepribadian - Ungkap Karakter Kamu dengan Melihat Bentuk Telapak dan Jari Tanganmu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandel Tak Pakai Masker, 33 Warga Palembang Ditangkap lalu Dikarantina"

Editor: Glendi Manengal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved