Kesehatan

Berbagai Masalah Tidur Pada Orang Dewasa yang Harus Diketahui

Saat orang lain mulai mengantuk pada pukul 21.00 atau 22.00, orang dewasa muda justru bersemangat untuk bekerja, belajar, atau mencari hiburan.

Internet
Ilustrasi insomnia 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KESEHATAN - Pola tidur usia remaja dan dewasa tentu berbeda dengan anak-anak. Pada usia 13-28 terjadi perubahan-perubahan hormonal di masa pubertas.

Pada masa ini, remaja dan orang dewasa mengalami pergeseran irama sirkadian sehingga jam tidur pun bergeser.

Secara umum kebutuhan tidur orang dewasa muda berkisar 8,5-9,25 jam per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, orang dewasa muda memiliki cara tersendiri dalam mengatur pola tidurnya.

Tapi yang terjadi, pola tidur orang dewasa muda biasanya berubah-ubah alias tidak menentu.

Saat orang lain mulai mengantuk pada pukul 21.00 atau 22.00, orang dewasa muda justru bersemangat untuk bekerja, belajar, atau mencari hiburan.

Rasa kantuk baru menyerang sekitar tengah malam, yakni pada pukul 00.00-01.00. Bahkan ada yang tidak tidur hingga pagi hari.

Kebanyakan orang dewasa telah membentuk pola tidurnya
Praktisi Kesehatan Tidur, Dr. Andreas Prasdja, RPSGT dalam bukunya Ayo Bangun! (2009), menjelaskan di usia dewasa, kebanyakan orang telah membentuk pola tidurnya sendiri.

Pola tidur tersebut sangat terkait dengan aktivitas kerja, baik di tempat kerja atau d lapangan. Pola tidur orang kantoran yang harus bekerja pagi pasti berbeda dengan pola tidur artis kebanyakan.

Bagi pekerja kantoran, mereka harus bangun pada pagi hari, jarang atau bahkan tidak pernah tidur siang karena beban kerja, dan tidur malam rata-rata mulai pukul 23.00 WIB.

Halaman
1234
Editor: Isvara Savitri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved