Breaking News:

Berita Daerah

Pengamat Ekonomi Sebut Pembangunan Jalan Tol Bakal Pacu Pertumbuhan Investasi di Sulut

Dari sejumlah proyek yang di ajukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kedua proyek tersebut siap dieksekusi oleh pemerintah Provinsi

istimewa
Rahel Kimbal 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Usulan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terkait pembangunan Jalan Tol Manado-Amurang dan pembangunan Jembatan Lembeh -Bitung telah di setujui oleh Pemerintah Pusat.

Dari sejumlah proyek yang di ajukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, kedua proyek tersebut siap dieksekusi oleh pemerintah Provinsi di tahun 2021 mendatang.

Pembangunan jalan tol atau jalan bebas hambatan ini, termuat dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. Disitu sudah direncanakan pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Manado-Tomohon, Tomohon-Amurang, dan Kairagi-Mapanget.

Tol Manado-Amurang sendiri akan menjadi tol kedua di Sulut, setelah Tol Manado-Bitung. Begitu juga pembangunan Jembatan Lembeh-Bitung yang ditaksir akan menelan anggaran sekira 1 Triliun.

Menanggapi hal ini, Pengamat Ekonomi dari Universitas Negeri Manado (UNIMA) Dr Rahel Kimbal mengatakan langkah pemerintah untuk membangun infrastruktur di Sulut sudah sangat baik. Menurutnya pembangunan jalan tol adalah organ vital dan penting bagi perekonomian.

"Ini merupakan langkah yang sangat baik tentunya, sebab Jalan Tol ini sangat strategis bagi pengaruh pertumbuhan ekonomi di daerah, apalagi dengan adanya tol dapat memicu investasi dan sektor pariwisata di Sulut," jelas Kimbal kepada Tribun Manado.

Namun dirinya menilai pembangunan jalan tol dan infrastruktur di Sulut perlu mengkaji dampak dari segi Mikro dan Makro ekonomi.

Pertama, secara Mikro Ekonomi pembangunan tol ini akan meningkatkan mobilitas dan memperlancar Distribusi barang dan jasa yang dapat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat Sulut.

"Sebab lamanya distribusi barang menyebabkan tingginya biaya, nah, dengan adanya jalan tol dapat menghemat waktu para pelaku ekonomi dan menekan biaya lain yang ditimbulkan," jelas Kimbal.

Doktor Ilmu Ekonomi dari Universitas Brawijaya ini menyebut adanya jalan tol dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan adanya pembangunan pada jalur-jalur bisnis yang strategis.

Halaman
12
Penulis: Majer Lumantow
Editor: Rhendi Umar
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved